Apa itu Demam Cakaran Kucing?

Apa itu Demam Cakaran Kucing? – Demam cakaran kucing adalah infeksi bakteri yang sangat langka yang dapat menyerang manusia ketika cakar atau gigi kucing merusak kulit. Baca panduan kami untuk mengetahui semua yang perlu Anda ketahui tentang penyakit langka, termasuk apa penyebabnya dan siapa yang umumnya paling berisiko. Demam cakaran kucing, juga dikenal sebagai penyakit cakaran kucing adalah infeksi bakteri yang menyerang manusia, dan berasal dari kucing yang terinfeksi bakteri Bartonella henselae.

Apa itu Demam Cakaran Kucing?

dr-addie – Menurut CDC, sekitar 40% kucing akan membawa bakteri tersebut pada suatu saat dalam hidup mereka biasanya saat mereka masih kecil tetapi sangat jarang hal itu berakibat fatal bagi manusia dan kucing. Teruslah membaca untuk mencari tahu tentang gejala demam cakaran kucing, kemungkinan penyebabnya, dan siapa yang paling berisiko terkena penyakit ini.

Baca Juga : Kucing Bersin: Penyebab dan Saat Menjadi Kekhawatiran

Apa yang menyebabkan demam cakaran kucing?

Kucing terinfeksi Bartonella henselae saat digigit kutu yang membawa bakteri, atau jika kotoran kutu masuk ke lukanya. Saat mereka membersihkan diri, mencakar, atau berkelahi dengan kucing lain, kotoran kutu yang terinfeksi dapat terperangkap di bawah cakar atau giginya. Kemudian ketika mereka mencakar atau menggigit manusia cukup keras hingga kulitnya pecah, bakteri tersebut dapat menyebar ke mereka.

Ini juga dapat disebarkan oleh air liur kucing jika berhasil masuk ke luka terbuka atau bagian putih mata Anda, dan dalam beberapa kasus yang sangat jarang, orang dapat memperolehnya melalui gigitan langsung dari kutu ataukutumembawanya. Namun, penyakit cakaran kucing tidak menular antar manusia karena tidak dapat ditularkan dari orang ke orang.

Demam cakaran kucing paling sering terjadi pada anak kucing dan kucing liar, karena mereka lebih rentan membawa bakteri karena peningkatan risiko kutu. Selain itu, bakteri cenderung lebih umum ditemukan di daerah yang lebih hangat karena jenis iklim ini merupakan tempat berkembang biak yang ideal bagi kutu.

Siapa yang berisiko?

Orang yang paling berisiko terkena penyakit ini adalah anak-anak hingga usia enam tahun dan mereka yang sistem kekebalannya lemah. BerdasarkanSaluran kesehatan, risiko menjadi sakit parah akibat cat-scratch fever meningkat jika Anda menderita kanker, diabetes, HIV, aids atau transplantasi organ, risikonya juga lebih tinggi pada wanita hamil.

Gejala demam cakaran kucing

Umumnya, kucing tidak akan menunjukkan gejala apapun jika mereka memiliki penyakit cakaran kucing, namun gejala yang paling umum ditampilkan pada manusia adalah sebagai berikut:

• Benjolan atau lecet di mana goresan / gigitan terjadi – ini biasanya muncul dalam tiga sampai sepuluh hari
  • Pembengkakan kelenjar getah bening yang akan muncul satu sampai tujuh minggu setelah digaruk atau digigit
  • Kelesuan
  • Sakit kepala
  • Sendi yang sakit

Pengobatan yang memungkinkan

Kabar baiknya adalah demam cakaran kucing jarang serius, oleh karena itu pengobatan biasanya tidak diperlukan. Infeksi umumnya jinak dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Lepuh atau benjolan biasanya akan ada antara satu sampai tiga minggu dan pembengkakan kelenjar getah bening akan hilang setelah dua sampai empat bulan. Jika Anda mengalami banyak rasa sakit, demam yang sangat tinggi, atau gejala demam kucing yang tidak biasa, Anda disarankan untuk pergi ke dokter sesegera mungkin.

Dalam beberapa kasus, antibiotik dapat diresepkan untuk mengobati mereka dengan gejala yang lebih serius, atau untuk mereka dengan sistem kekebalan yang lemah. Jika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah, infeksi dapat berakibat fatal, karena dapat menyebabkan masalah yang lebih serius yang dapat memengaruhi otak, jantung, dan mata, serta organ dalam vital lainnya.

Sangat tidak mungkin kucing menjadi sakit akibat demam cakaran kucing, oleh karena itu mereka tidak memerlukan perawatan apa pun. Dalam kasus yang sangat jarang dapat menyebabkan radang jantung, yang terlihat seperti kesulitan bernapas dan sakit. Jika Anda curiga kucing Anda mungkin mengalami radang jantung, bawa mereka ke dokter hewan dan mereka akan merekomendasikan tindakan terbaik.

Mencegah demam cakaran kucing

Cara terbaik untuk mencegah demam cakaran kucing adalah dengan sering mencuci tangan, terutama setelah Anda mengelus atau bermain dengan kucing. Menghindari permainan kasar dan tidak meletakkan wajah Anda atau luka terbuka di dekat kucing Anda juga merupakan cara yang baik untuk mengurangi risiko terkena penyakit ini.

Namun, jika Anda tergores atau digigit, Anda harus mencuci area tersebut secara menyeluruh dengan sabun antibakteri dan air bersih yang mengalir. Anda dan kucing Anda juga disarankan untuk menghindari kontak dengan kucing liar mana pun, karena mereka cenderung lebih berisiko membawa bakteri.

Pencegahan adalah obat terbaik, oleh karena itu Anda harus selalu memastikan bahwa Anda secara teratur memberikan perawatan kutu kucing Anda, karena ini secara dramatis akan mengurangi risiko kucing Anda bersentuhan dengan bakteri. Karena bakteri lebih umum pada anak kucing, itu ide yang bagusmengadopsi kucing yang lebih tuajika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Demam cakaran kucing cukup langka dan sangat kecil kemungkinannya penyakit ini akan berakibat fatal, dan dengan jadwal pengobatan kutu yang teratur dan kebersihan umum yang baik, hal itu dapat dihindari.