Hal yang perlu Anda ketahui tentang Virus pada kucing, Feline Coronavirus (FCoV)COVID-19 dan Feline Infectious Peritonitis (FIP) keduanya disebabkan oleh coronavirus: SARS-CoV2 dan feline coronavirus (FCoV). SARS-CoV2 dan feline coronavirus (FCoV) adalah virus yang sama sekali berbeda, dan yang terakhir tidak menginfeksi manusia. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, SARS-CoV2 dapat menginfeksi kucing.

dr-addie – Meskipun sejumlah kecil hewan peliharaan di seluruh dunia, termasuk kucing dan anjing, telah terinfeksi virus penyebab COVID-19, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sejauh ini belum ada bukti hewan peliharaan membawa atau menularkan virus tersebut. Selain itu, Asosiasi Hewan Hewan Kecil Dunia (WSAVA) belum menemukan “bukti bahwa COVID-19 dapat tertular dari hewan peliharaan.”

Baca juga : Mengulas Feline Infectious Peritonitis (FIP) Virus Corona Kucing

Meskipun virus SARS-CoV2 dan FCoV sangat menular, 97% orang yang terpapar COVID-19 sembuh, dengan usia rata-rata kematian 80,5 tahun. Namun, untuk FCoV pada kucing, hanya sekitar 90% kucing yang terinfeksi FCoV yang sembuh dari infeksi. Tidak seperti virus corona manusia yang menempatkan manusia dewasa yang lebih tua pada risiko yang lebih tinggi, FIP—mutasi yang diduga FCoV—mempengaruhi kucing muda: terutama anak kucing dan kucing di bawah usia 2 tahun.

FCoV dan Risiko FIP

FCoV adalah virus yang sangat umum pada populasi kucing domestik di seluruh dunia (bahkan mempengaruhi kucing besar di kebun binatang). Infeksi sering subklinis atau ditandai dengan penyakit gastrointestinal sementara, termasuk diare ringan dan/atau muntah pada anak kucing dan kucing dewasa yang baru terinfeksi. Mengapa beberapa kucing praktis tanpa gejala dan yang lain mengembangkan feline infeksius peritonitis (FIP), yang dianggap sebagai penyakit multisistemik yang sangat fatal, tidak diketahui tetapi diasumsikan disebabkan oleh mutasi FCoV yang lebih ganas.

Kapan pun infeksi FCoV ada, begitu pula potensi perkembangan FIP. Kemungkinan FCoV berkembang menjadi FIP adalah sekitar 10% pada populasi kucing yang terinfeksi FCoV. Dengan kata lain, kucing yang terinfeksi FCoV belum tentu menderita FIP, dan diharapkan tidak.

Ada dua bentuk umum FIP: bentuk ‘basah’ dan bentuk ‘kering’. Dalam kedua bentuk, tanda-tanda klinis bervariasi tergantung pada organ yang terlibat, seperti peritoneum, pleura, hati, ginjal, sistem saraf pusat (SSP), dan mata. FIP menyebabkan vaskulitis yang dimediasi kekebalan, yang berarti bahwa pembuluh darah organ mana pun dapat terpengaruh dengan tanda-tanda klinis akibat kerusakan pada organ yang terkena. Dalam bentuk ‘basah’ kerusakannya lebih besar dan lebih cepat fatal daripada bentuk ‘kering’.

Selanjutnya, dalam bentuk ‘basah’, cairan kuning kental yang jelas menumpuk di perut atau dada kucing. Penyakit ini berkembang dalam waktu 4-6 minggu dari infeksi dan memiliki efek yang sangat menegangkan pada kucing dan pemiliknya. Sebaliknya, tanda-tanda klinis bentuk ‘kering’ biasanya tidak jelas, termasuk penurunan berat badan, kekurangan energi, dan nafsu makan. Penyakit ini berkembang dalam periode yang lebih lama, bahkan mungkin satu tahun, tetapi biasanya memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan. Meskipun bentuk ‘basah’ dan ‘kering’ memiliki riwayat tingkat kematian hampir 100%, ada beberapa wawasan baru mengenai kemungkinan pengobatan dan pencegahan FCoV/FIP yang sedang diselidiki lebih lanjut.

Faktor-Faktor yang Dapat Meningkatkan Kemungkinan Pengembangan FIP

Sementara sebagian besar kucing pulih dari infeksi FCoV, beberapa faktor dapat meningkatkan kemungkinan berkembangnya FIP: ini termasuk usia kucing yang masih muda (khususnya, anak kucing antara 3 bulan hingga 2 tahun), kecenderungan keturunan genetik, status kekebalan kucing, tingkat stres dan dosis dan virulensi virus, serta tingkat infeksi yang tinggi di rumah tangga, tempat penampungan, dan catteries di mana ada beberapa kucing yang terinfeksi oleh FCoV dan virus shedding.

Selain itu, di lingkungan yang ramai, seperti catteries atau tempat penampungan, selain tingkat paparan FCoV yang sangat besar, tingkat stres kucing seringkali sangat tinggi, yang membuat kucing tempat penampungan sangat rentan terhadap penyakit. Penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian besar kucing yang mengembangkan FIP mengalami tingkat stres yang tinggi sebelum mengembangkan penyakit tersebut. Oleh karena itu dianjurkan, jika mungkin, untuk menghindari menyebabkan stres pada kucing dengan antibodi FCoV. Ini termasuk rehoming, memperkenalkan anak kucing baru ke rumah, dan sterilisasi yang semuanya dapat ditunda sampai kucing menjadi antibodi negatif, atau setidaknya mengalami penurunan titer antibodi yang signifikan.

Pencegahan FCoV/ FIP

Meskipun studi baru tentang kemungkinan pengobatan menjadi lebih tersedia, pencegahan masih dianggap sebagai pilihan terbaik. Khususnya pada anak kucing ras dan kucing muda yang merupakan 70% dari semua kematian akibat FIP, salah satu langkah pencegahan yang dapat diterima termasuk memilih anak kucing atau kucing yang bebas FCoV. Anak kucing yang dibesarkan di rumah pribadi tanpa paparan kucing selain ibu mereka, atau anak kucing dari cattery bebas virus corona cenderung tidak mengembangkan FIP.

Menguji Antibodi Kucing untuk FCoV

Feline coronaviruses (FCoV) tersebar luas pada populasi kucing karena tingkat penularan yang tinggi. Dengan demikian, untuk memastikan kucing Anda bebas FCoV, tes darah antibodi dapat dilakukan untuk menunjukkan paparan atau infeksi. Saat menyaring kucing untuk antibodi virus corona, penting bagi Anda untuk menggunakan alat tes yang sangat sensitif yang dapat mendeteksi semua kucing yang positif, tidak ada yang hilang. Karena kinerja sensitivitas 100% (dengan hasil negatif menunjukkan kucing bebas FCoV/FIP), Kit Tes Antibodi ImmunoComb Feline Coronavirus FCoV (FIP) Biogal sangat direkomendasikan oleh Dr.Diane Addie (ahli virologi veteriner terkenal yang memiliki gelar Ph. D. dan fokus utama penelitian adalah pada feline infeksius peritonitis – FIP) dalam dirinyastudi yang diterbitkan membandingkan berbagai tes antibodi FCoV.