5 Tips Untuk Pemula Merawat Kucing Tanpa Kandang

5 Tips Untuk Pemula Merawat Kucing Tanpa Kandang – Sejenak, kucing memanglah nampak semacam binatang mandiri. Tetapi, kucing senantiasa menginginkan pemeliharaan yang bagus supaya senantiasa segar. Kucing dapat dikunci di dalam kandang ataupun tidak di dalam kandang. Dikala menjaga kucing tanpa kandang, kucing dapat beranjak dengan lapang, tetapi penggemar kucing wajib senantiasa mencermati kebersihan supaya kucing senantiasa segar. gimana itu? Ikuti komentarnya di dasar ini!

5 Tips Untuk Pemula Merawat Kucing Tanpa Kandang

Sumber : sharingmedia.co

Baca Juga : Cara Merawat Anak Kucing Peliharaan dengan Benar

1. Periksakan secara teratur

dr-addie – Sebagai permulaan, cara merawat kucing tanpa kandang yang pertama adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin. Biasanya pemeriksaan rutin dilakukan dua kali yaitu bulanan dan tahunan. Grooming biasanya dilakukan sebulan sekali untuk memilah kucing dan kesehatannya secara keseluruhan. Sementara itu, pemeriksaan tahunan bertujuan untuk memeriksa organ dalam kucing.

Kucing tanpa kandang akan sering berkeliaran di luar ruangan, jadi pemeriksaan sangat penting untuk mendeteksi kucing sebelum kondisinya semakin parah. Selain itu, diskusikan perawatan dan kesehatan kucing dengan dokter hewan Anda. Amati jika ada beberapa hal yang berbeda, seperti cara berjalan, cara mengeong, dan cara kucing berperilaku berbeda.

2. Sisir bulu kucing

Kucing

tanpa kandang wajib amat aktif alhasil wajib dibersihkan dengan cara teratur yang diketahui dengan grooming. Bila bulu kucing amat jauh, penggemar kucing dapat memakai gosok jarum biku buat menelusuri bulunya. Pada dikala yang serupa, bila bulu kucing amat pendek, maanfaatkan gosok lembut berhulu latar buat menyisirnya. Buat anak kucing yang sedang belia serta rentan, maanfaatkan sisir kecil dengan gigi halus.

Menjaga bulu kucing amat berarti dicoba buat melenyapkan bulu mati, mensterilkan kutu, dan melenyapkan jamur serta bongkahan pada bulu kucing, pula bisa memperlancar gerakan darah ke badan kucing.

Menelusuri bulu kucing tidak cuma melenyapkan kotoran, minyak, serta bulu mati, tetapi pula mendukung melenyapkan bagian kulit serta memotivasi perputaran darah, membenarkan suasana kulitnya dengan cara totalitas.

Menelusuri bulu kucing dengan cara teratur, satu ataupun 2 kali di dalam minggu bisa mendukung kucing buat melindungi kesehatannya. Dari mari kamu pula bisa menciptakan kalau ritual menelusuri amat berperan untuk kucing yang sudah dewasa serta tidak lagi mampu melindungi bulunya sendiri dengan teliti.

Saat sebelum menelusuri, periksalah suasana bulu kucing. Bila segar, bulu ataupun rambutnya bisa gemerlap natural serta lagi gemerlap di tangan kamu sedangkan menyentuhnya. Tidak bisa terdapat becak gundul ataupun tanda kutu serta kutu. Tidak hanya itu, kulitnya pula harus leluasa dari cedera serta tonjolan yang tidak lazim.

Kucing berbulu pendek

Untuk kucing berbulu pendek anda sanggup manfaatkan sisir bahan logam tertentu kucing. Gerakan menyisir di mulai dari kepala ke ekor untuk menghilangkan kotoran. Kerjakan di selama ujung bulunya, sisir sesuai arah tumbuhnya bulunya.

Sikat semua tubuhnya, juga dada dan perutnya, dengan berkonsentrasi pada satu bagian untuk menghilangkan rambut mati dan kusut. Sisir berbahan karet juga terlampau efektif untuk menghilangkan bulu mati pada kucing berbulu pendek.

Kucing berbulu panjang

Kucing berbulu panjang yang tinggal di di dalam ruangan, memerlukan sesi perawatan tiap-tiap sebagian hari untuk menghilangkan bulu mati dan menghindar kusut. Mulailah dengan perut dan kakinya, sisir dengan lembut bulu ke atas menuju kepalanya. Sisir bulu leher ke atas, ke arah dagu.

Buat bagian di tengah ekornya dan sisir bulu di ke dua sisinya dengan lembut. Gunakan jari-jarimu untuk memisahkannya.

Selama sesi perawatan menyisir mingguan, raba selama tubuh kucing dengan tangan kamu. Periksa adanya luka, benjolan, dan kusut yang tersembunyi. Periksa kutu dan kotoran kutu, noda hitam darah kering yang ditinggalkan kutu.

Intip di bawah ekornya untuk memeriksa kotoran yang menempel pada bulu yang kemungkinan kudu dipotong dengan gunting. Penting juga untuk memeriksa di lebih kurang anus kucing, apakah ada suatu hal berwarna cokelat dan berukuran beras, ini kemungkinan memperlihatkan adanya cacing pita.

Kelalaian menyisir bulu kucing sanggup memicu kusut yang menyakitkan dan rambut yang busuk. Kamu dapat jelas apakah kucing menderita saat dia memuntahkan bola bulu kucing ke lantai atau mengeluarkannya lewat kotorannya.

Bola bulu kucing terbentuk dari bulu-bulu kucing yang tertelan dan bercampur dengan cairan yang ada di di dalam perut. Mengapa sementara grooming bulu mati kucing sanggup tercabut? Hal ini disebabkan sebab pada lidah kucing terkandung duri-duri kecil yang dapat menarik bulu yang rontok. Dari sinilah berlangsung bola bulu kucing, disebabkan oleh bulu kucing yang telah mati dan tertelan masuk ke di dalam perut.

Jika kucing telah disisir secara tertib dan tetap menderita bola bulu kucing, anda kudu periksakan ke dokter hewan untuk melacak solusinya.

3. Bersihkan giginya

Penggemar binatang piaraan, gigi kucing piaraan wajib dibersihkan dengan cara teratur. Maanfaatkan gosok gigi yang halus serta pasta gigi spesial kucing. Jauhi pemakaian pasta gigi orang, sebab pasta gigi lazim memiliki fluorida yang berbisa untuk kucing. Perkenankan kucing merasakan pasta gigi supaya terbiasa.

Gosok gigi kucing dengan cara tertib dengan aksi memutar dari depan ke balik. Dengan cara berangsur- angsur serta lama- lama lanjutkan sepanjang dekat 30 detik. Pemeliharaan gigi amat berarti sebab banyak penyakit kucing yang berkaitan dengan gigi serta gusi. Gigi kucing yang tidak dirawat dengan bagus hendak memunculkan kuman serta plak gigi.

4. Beri alas untuk tidur

Cuma di akibatkan kucing kesayangan pecinta kucing tidak mempunyai kandang, bukan berarti pecinta kucing dapat membiarkan kucing tidur di mana saja. Kita mengusulkan pecinta kucing buat sediakan tempat tidur kucing, yang dapat berbentuk kain ataupun barang lain. Dikala ini banyak ada dasar tidur spesial buat kucing piaraan, umumnya berbentuk alas persegi jauh. Ini berarti, pecinta kucing. Alasannya bila kucing didiamkan tidur di lantai ataupun dataran yang agresif, bulu kucing hendak gugur serta lama kelamaan hendak jadi gundul.

Baca Juga : 7 Cara Agar Rambut Tidak Kaku

5. Beri makan secara teratur

Banyak orang menerima begitu saja untuk mengatur makan kucing sehari. Cara makan ini tidak teratur dan tidak teratur. Akibatnya, kucing sering kelaparan dan mencari makanan luar yang nilai gizinya tidak diketahui.

Lebih buruk lagi, jika ini terjadi pada kucing domestik seperti kucing Persia atau kucing Angora. Betapa ironis dan menakutkan. Saat lapar, kucing biasanya mencari makan di luar dan bisa memakan hewan yang tidak baik untuknya, seperti tikus.

Manfaat Memberi Makan Kucing Secara Rutin dan Teratur

Namun sebelum memberikan contoh jadwal pemberian makan kucing pada siang hari, terlebih dahulu kita pahami manfaat memberi makan kucing secara rutin.

Memberi makan kucing secara rutin bisa membuat kucing lebih patuh kepada pemiliknya. Karena kucing mengira dia sangat diperhatikan. Selain itu, dia merasa bos selalu memberinya makanan dan minuman. Dengan cara ini, perasaannya juga meningkat. Jika Anda tidak percaya, baca artikel kami “Cara membuat kucing jinak dan mematuhi kami”

Manfaat lainnya adalah memungkinkan kucing kita untuk buang air kecil dan besar secara teratur. Dengan cara ini, pemilik dapat mengetahui kapan harus buang air kecil dan kapan harus buang air.

Kita juga bisa lebih mudah menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk buang air kecil atau besar (misalnya, pasir atau kertas tisu). Bahkan kita juga bisa melatih mereka membuang feses ke kamar mandi (rambut toilet).

Keuntungan berikutnya adalah memungkinkan kucing mengetahui tempat makan dan minum. Oleh karena itu, ada baiknya Anda tidak memindahkan makanan tersebut. Jika kucing tersebut ingat, kita tinggal memasukkan makanan ke dalam wadah, dan otomatis kucing akan mendekatinya.

Jadwal Memberi Makan Kucing dalam Sehari

Bila kita telah mengenali khasiat berikan makan kucing dengan cara teratur. Berikutnya aku hendak membagikan ilustrasi agenda pemberian makan kucing sejauh hari.

Cocok imbauan dokter binatang, kucing dapat diberi makan 3 kali satu hari( pagi, siang serta petang). Dengan pendapat:

Makan makanan lengkap di pagi hari. Makanlah hanya camilan kucing ringan di siang hari, dan di malam hari sama seperti di pagi hari. Model ini sangat cocok untuk pertumbuhan kucing yang ideal. Jangan terlalu gemuk, jangan terlalu kurus.

Namun, jika ingin mempercepat pertumbuhannya, Anda bisa memberinya makan 3 kali sehari. Dengan lebih banyak bagian, plus susu yang baik untuk kucing.

Yang terpenting adalah konsisten dan disiplin. Jangan biarkan kucing kelaparan karena makanan di luar.

Dr-Addie - Berita Terbaru Mengabarkan Penelitian virus kucing Feline Infectious Peritonitis