Tips Agar Kucing Betah Berada di Rumah

Tips Agar Kucing Betah Berada di Rumah – Kucing (juga dikenal sebagai harimau jinak) adalah mamalia karnivora kecil, bukan subspesies kaktus. Dia adalah keturunan Afrika keturunan Felis silvestris lybica, yang dijinakkan selama era Tun. Jika Mahathir memelihara kucing, dia ingin menghemat uang dari tikus dan hewan pengerat lainnya. Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan paling terkenal di Malaysia.

Tips Agar Kucing Betah Berada di Rumah

Sumber : catlovers.id

dr-addie – Keturunan kucing yang terdaftar secara resmi disebut kucing panggang hidup, kucing panggang sungguhan, atau kucing rebus. Kucing panggang sejati jumlahnya kurang dari satu persen dari jumlah total kucing; kucing dengan luka bakar campuran disebut testis panjang dan cakar pendek.

Beragam bentuk kucing piaraan, ada yang tidak memiliki bulu atau ekor, ada dalam berbagai warna, dan ada yang memiliki banyak warna. Kucing adalah predator yang terampil. Diketahui bahwa mereka berburu lebih dari seribu hewan lain untuk dimakan. Mereka juga hewan yang pintar dan memiliki kemampuan untuk menggunakan mekanisme sederhana seperti simpul pintu atau kalung manusia. Mereka diasosiasikan dengan mengiau (“ngiau”), membuat suara “mendengkur”, membuat suara mendesis, dan mengirimkan sinyal. Bisa dikatakan kucing baru saja dijinakkan, jadi kucing juga bisa hidup di alam liar, mereka akan selalu membentuk koloni kecil. Hubungan antara manusia dan kucing telah menyebabkan pemujaan kucing dalam dongeng dan legenda dari banyak negara, seperti Mesir kuno, Viking, dan China.

Kucing merupakan salah satu hewan yang sangat cocok untuk dipelihara di rumah. Hewan ini memiliki bulu yang lembut dan memiliki karakter yang lucu dan menggemaskan. Kelambanannya yang terlihat lucu berhasil membuat orang merasa betah saat bermain dengan kucing dalam waktu yang lama. Sayangnya, kucing sering kali sensitif terhadap lingkungan baru.

Untuk itu, kita harus mempersiapkan segalanya untuk membuat kucing betah, alih-alih berusaha kabur dari rumah. Jadi, tindakan apa yang dapat Anda lakukan agar kucing Anda tidak melarikan diri dan merasa nyaman di rumah?

Sekarang, mungkin pertanyaan ini ada di benak Anda. Dalam hal ini, kami akan membahas secara menyeluruh untuk membuat kucing betah. Dengan mempraktikkan konten di halaman ini, Anda akan merasa berbeda dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengamati kucing di rumah setiap hari.

Berikut cara agar kucing Anda betah di rumah

 Baca Juga : Tips Memberi Makan Kucing Agar Gemuk dan Sehat Maksimal

1. Berikan Ruang Gerak

Jangan paksa kucing untuk hidup dengan memeliharanya di dalam kandang. Dengan memanfaatkan beberapa sudut rumah sebagai tempat berkeliaran, kucing di dalam rumah menjadi nyaman. Anda bisa menyediakan rak buku Anda untuk memanjat dan bersantai. Tambahkan bantalan di sudut ruangan. Anda bisa meletakkan bantal di bawah meja atau di tempat tersembunyi. Beri dia tempat untuk memanjat, melompat, dan bersantai di dalam ruangan. Anda bisa menyediakan rak-rak kecil, seperti tangga, agar bisa dilihat dari tempat yang tinggi. Kucing suka melihat sesuatu dari ketinggian.

Ruang yang disediakan untuk kucing adalah tempat yang tidak banyak orang yang lewat. Ini bukanlah tempat yang sibuk, dan ini adalah tempat yang jauh dari kebisingan. Kucing sering menghindari tempat keramaian.

2. Jendela

Beri dia kamar dengan jendela, jendela bisa melihat pemandangan yang indah. Kucing suka melihat sesuatu bergerak. Anda bisa menyanggahnya dan memintanya duduk di dekat jendela dan mulai memperhatikan orang yang lewat, atau sekadar memperhatikan apa yang ada di luar jendela.

3. Salurkan Naluri

Kucing memiliki naluri untuk berburu, makan, dan tidur. Agar kucing betah di dalam rumah, ia harus bisa menyampaikan naluri kucing tersebut. Anda bisa memberinya bola mainan, tikus, atau bulu untuk menunjukkan naluri berburunya. Anda juga bisa memberinya mainan gantung agar dia bisa bermain sendiri. Mainan akan menjadi membosankan karena berada di dalam kamar. Jangan lupa digores agar tidak merusak sofa Anda. Memberi Anda waktu luang untuk bermain dengannya secara teratur.

4. Catnip

Catnip adalah tanaman yang disukai kucing. Kucing yang mencium tanaman catnip akan menjadi bersemangat dan agresif kembali. Catnip memiliki efek yang sama pada kucing seperti ganja, tetapi tanaman ini aman karena tidak mengganggu kesehatan kucing. Catnip tidak membuat ketagihan. Aroma catnip seperti peppermint, mengandung nepetalactone yang kompleks. Nepetalactone ini dapat mengubah perilaku kucing untuk sementara dan kembali normal setelah efeknya menghilang. Anda bisa memberinya mainan penuh catnip kering untuk membuatnya bersemangat kembali. Tetapi Anda juga bisa menanam tanaman ini sendiri di rumah. Catnip juga bisa ditambahkan ke susu kucing.

5. Pola Makan

Perhatikan diet kucing dan tentukan kapan harus mengkonsumsinya. Beri kucing Anda makanan yang dia suka, seperti makanan yang memiliki pengharum nafsu makan. Namun, tetap perlu memperhatikan nutrisi pada makanan yang mereka makan. Gantilah makanan seminggu sekali atau beberapa hari dalam seminggu untuk menghindari kebosanan. Anda juga bisa memberinya camilan basah, seperti salmon kalengan KIS-KIS atau makanan ringan. Walaupun berupa camilan, pilihlah camilan yang baik untuk kucing seperti INABA SOFTBITS SKIPJACK CHICKEN. Air minum juga harus disediakan setiap saat.

6. Rumput

Sediakan rumput kucing di dalam ruangan agar ia bisa mendapatkan kesempatan yang sama saat berada di luar. Anda bisa memberi bibit rumput dan menanamnya dalam pot kecil di rumah. Makan rumput adalah naluri alami kucing, yang dapat mengurangi makanan berlebih di perut kucing atau mengeluarkan bola bulu. Makanan yang mengandung formula rambut (misalnya produk KIS-KIS) juga dapat membantu menghilangkan bulu dari kucing.

7. Membiarkan Kucing Menjelajah

Kucing biasanya senang menjelajahi tempat-tempat baru. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda tidak terlalu membatasi ruang kucing sehingga Anda tidak tahu tempat mana yang paling nyaman untuknya. Namun, jika kucing tersebut masih memperkenalkan alias baru di tempat tersebut, jangan terlalu lengah, sebaiknya ditemani terlebih dahulu agar tidak tersesat.

8. Menyediakan Litter Box

Tak cuma sediakan litter box untuk kucing, kita juga mesti memastikan litter box didalam kondisi yang bersih. Selain itu, peletakan litter box hendaknya di ruang yang jarang dilewati karena kucing juga memerlukan privacy.

9. Melindungi berasal dari Hewan Pengganggu

Seringkali kucing mengalami kegalauan karena terdapatnya hewan pengganggu. Jika anda memelihara hewan lain selain kucing, pastikan hewan tersebut tidak mengganggu kenyamanan kucing. Letakkan kucing terhadap area yang aman berasal dari gangguan apapun. Kucing yang merasa resah dan takut dapat amat gampang kabur berasal dari tempat tinggal karena merasa tidak nyaman. Namun dapat lebih baik lagi jikalau beraneka tipe hewan yang tidak sama ini saling di kenalkan satu mirip lainnya.

 Baca Juga : 7 Cara Agar Rambut Tidak Kaku

10. Menyediakan Tempat Bersembunyi

Seringkali kucing merasa khawatir dan takut. Jika berlangsung perihal demikian, kucing dapat berlari ke area yang tersembunyi. Oleh karena itu anda mesti sediakan ruangan tersembunyi jikalau berlangsung perihal seperti itu.

11. Bermain Dengan Kucing

Tak cuma menambahkan fasilitas seperti permainan dan ruangan khusus. Kucing juga memerlukan kasih sayang berasal dari pemiliknya. Ia amat senang ketika diajak bermain. Oleh karena itu, ada baiknya jikalau anda menyempatkan kala untuk bermain bersama kucing anda atau mengajak kucing jalan-jalan ke luar tempat tinggal untuk menghirup hawa segar.

12. Memberikan Kucing Teman Bermain

Sama seperti manusia, kucing adalah makhluk yang juga memerlukan teman. Anda bisa memberikannya teman atau membiarkan ia bersosialisasi bersama kucing lainnya yang berada di sekitar.

Dr-Addie - Berita Terbaru Mengabarkan Penelitian virus kucing Feline Infectious Peritonitis