Kucing Bersin: Penyebab dan Saat Menjadi Kekhawatiran

Kucing Bersin: Penyebab dan Saat Menjadi Kekhawatiran – Pernahkah Anda memperhatikan kucing Anda sering bersin? Jika demikian, Anda mungkin khawatir bahwa ada masalah mendasar yang serius yang menyebabkan gejala ini. Kabar baiknya adalah sebagian besar penyebab bersin pada kucing tidak berakibat fatal, dan sebagian besar dapat diobati atau dikelola dengan perawatan dokter hewan yang tepat.

Kucing Bersin: Penyebab dan Saat Menjadi Kekhawatiran

dr-addie – Bacalah artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang beberapa penyebab paling umum bersin pada kucing dan kapan penyebab ini mungkin memerlukan kunjungan ke dokter hewan.

Baca Juga : 7 Masalah Mata Umum pada Kucing

Bersin Normal Setiap Hari

Beberapa kucing hanya bersin sebagai bagian dari perilaku dan kebiasaan normal sehari-hari. Jika kucing Anda bersin sekali atau dua kali dan kemudian melakukan rutinitasnya seperti biasa, kemungkinan tidak ada alasan untuk khawatir. Namun, Anda harus mengawasinya hanya untuk memastikan bersin tidak berlanjut.

Beberapa kucing mungkin juga “membalikkan bersin”, yang terdengar seperti suara klakson dan terlihat seperti bersin atau batuk. Bersin terbalik tampaknya mengkhawatirkan, tetapi sebenarnya juga cukup normal dan tidak perlu dikhawatirkan sendiri.

Infeksi pernafasan

Hampir semua infeksi saluran pernapasan atas dapat menyebabkan bersin pada kucing, seperti jenis infeksi ini yang dapat menyebabkan bersin pada manusia. Kucing dengan alergi atau pilek dapat mulai bersin, dan kucing dapat terinfeksi patogen , virus, dan bakteri, yang menjadi penyebab pada masalah ini.

Jika kucing Anda sering bersin selama beberapa hari atau jika ia menunjukkan tanda-tanda sakit lainnya, Anda harus membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa. Dia mungkin mengalami infeksi pernapasan, yang cukup umum terjadi pada kucing. Satu putaran antibiotik akan membantunya kembali ke dirinya yang biasa.

Herpes kucing

Herpes kucing mirip dengan jenis virus herpes yang menyerang manusia. Namun, keduanya tidak dapat ditularkan satu sama lain, jadi jangan khawatir tertular herpes dari kucing Anda jika ia didiagnosis mengidapnya. Herpes kucing memengaruhi kucing sepanjang hidupnya dan dapat menyebabkan kambuh sesekali, seperti yang terjadi pada manusia.

Stres adalah penyebab paling umum dari flare-up pada kucing dengan herpes kucing, tetapi bisa juga disebabkan oleh penyakit lain. Jika kucing Anda sering bersin, ada kemungkinan dia menderita herpes kucing yang sedang kambuh.

Virus Imunodefisiensi Kucing

Feline Immunodeficiency Virus juga dikenal sebagai FIV. Ini adalah HIV versi kucing pada manusia, meskipun keduanya tidak menular satu sama lain. FIV dapat menyebabkan sistem kekebalan kucing sangat terganggu, yang dapat menyebabkan infeksi pernapasan yang sering terjadi.

Jika kucing terkena FIV, ia kemungkinan besar akan sakit dengan cara lain selain bersin sederhana. Hanya dokter hewan Anda yang dapat memberi tahu Anda dengan pasti, jika kucing Anda memiliki kondisi ini.

Penyakit Gigi

Penyakit gigi dapat menyebabkan bersin pada kucing dalam beberapa kasus, terutama jika hal itu memengaruhi bagian mulut yang lebih besar. Penyakit gigi yang menyerang gigi, gusi, dan bahkan langit-langit mulut semuanya dapat menyebabkan bersin dan gejala pernapasan lainnya.

Kucing yang memiliki penyakit gigi parah mungkin perlu dicabut sebagian giginya. Mereka mungkin juga perlu menjalani pembersihan dan perawatan ekstensif untuk mengembalikan kesehatan mulut mereka menjadi normal. Bicaralah dengan dokter hewan Anda untuk informasi lebih lanjut tentang cara membantu kucing Anda dengan penyakit gigi.

Menghirup Benda Asing

Meskipun lebih jarang terjadi pada kucing dibandingkan pada anjing, kucing masih mungkin menghirup benda asing yang bisa tersangkut di hidungnya. Ini dapat memblokir saluran udara dan saluran hidung kucing. Sekalipun kucing masih bisa bernapas dengan normal melalui mulutnya, hidungnya bisa tersumbat oleh benda tersebut, dan ini bisa menyebabkan kesusahan.

Jika ini terjadi pada kucing Anda, kemungkinan besar ia akan mulai bersin untuk mencoba menyingkirkan benda yang bersarang di hidungnya. Cobalah untuk melihat ke dalam hidungnya untuk melihat apakah Anda melihat benda tersebut. Jika demikian, bawa dia ke dokter hewan segera.

Bicaralah dengan Dokter Hewan tentang Bersin Kucing Anda

Sekarang setelah Anda mempelajari lebih lanjut tentang bersin pada kucing, Anda dapat mempelajari cara mengenali kapan bersin menjadi penyebab kekhawatiran dan kapan itu hanya urusan biasa bagi teman kucing Anda. Perhatikan baik-baik kesehatan dan kesejahteraan kucing Anda saat dia bersin, dan lihat apakah Anda juga melihat gejala lain yang mungkin terkait.

Tentu saja, jika kucing Anda bersin dalam waktu lama atau jika ia menunjukkan tanda-tanda penyakit lainnya, Anda harus membawanya ke dokter hewan sesegera mungkin. Dia mungkin tidak perlu menemui dokter hewan darurat, tetapi dokter hewan regulernya seharusnya bisa membantu. Penting untuk menemukan penyebab yang mendasari mengapa kucing Anda terus bersin sehingga Anda dapat mengetahui dengan pasti apakah ada yang perlu dilakukan untuk membantu mengobatinya.