Mengulas Feline Infectious Peritonitis (FIP) Virus Corona Kucing

Mengulas Feline Infectious Peritonitis (FIP) Virus Corona Kucing – Feline Infectious Peritonitis (FIP) adalah penyakit virus kucing yang terjadi di seluruh dunia. Ini adalah penyakit yang kompleks untuk didiagnosis dan dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan signifikan telah terjadi dalam pengobatan kondisi yang sebelumnya fatal ini.

Mengulas Feline Infectious Peritonitis (FIP) Virus Corona Kucing

Perawatan baru

dr-addie – FIP sebelumnya berakibat fatal bagi sebagian besar kucing. Namun, dalam 3 tahun terakhir, telah terjadi perkembangan yang signifikan dalam pengobatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa antivirus dapat efektif dalam menyembuhkan FIP. Hal ini menyebabkan pertumbuhan pasokan ilegal obat-obatan ini, yang dijual kepada pengasuh yang khawatir. Sejak tahun 2021, pasokan legal remdesivir dan GS-441524 telah tersedia di Inggris dan Australia, dan melalui ekspor ke negara lain.

Baca Juga: Penelitian Virus Kucing Feline Infectious Peritonitis, Gejala Dan Cara Mencegahnya

Penyebab

FIP disebabkan oleh infeksi virus yang dikenal sebagai feline coronavirus. Coronavirus adalah kelompok virus umum yang sering menginfeksi saluran pernapasan bagian atas (hidung dan tenggorokan) atau saluran pencernaan (usus) pada hewan yang berbeda. COVID-19 adalah coronavirus tetapi coronavirus yang menyebabkan FIP tidak sama dan hanya menginfeksi kucing.

Infeksi virus corona sangat tersebar luas pada kucing, terutama di mana sejumlah besar kucing dipelihara bersama. Diperkirakan 25–40% kucing peliharaan rumah tangga telah terinfeksi FCoV, tetapi tingkat infeksi meningkat menjadi 80 – 100 persen untuk kucing yang dipelihara di rumah tangga atau koloni multi-kucing.

Coronavirus adalah umum dan ditemukan di kotoran banyak kucing. Pada kebanyakan kucing, infeksi tidak menyebabkan tanda-tanda atau hanya diare ringan yang sembuh tanpa pengobatan. Namun, kadang-kadang, virus bermutasi (berubah) di dalam tubuh kucing, dan jika sistem kekebalan mereka bereaksi dengan cara tertentu, mereka dapat mengembangkan penyakit yang disebut FIP.

Ini penting, karena menemukan coronavirus pada kucing tidak berarti mereka memiliki FIP, dan tidak mungkin untuk secara konsisten membedakan antara coronavirus yang menyebabkan FIP dan yang tidak menyebabkan tanda sama sekali hanya dengan menemukan virus itu sendiri.

Pada kucing yang mengembangkan FIP, virus menyebar ke seluruh tubuh dan dapat menyebabkan berbagai tanda yang berbeda karena cara ia berinteraksi dengan sistem kekebalan kucing.

Tanda-tanda FIP

FIP dapat menyebabkan banyak tanda klinis yang berbeda, tergantung pada bagian tubuh yang terkena dan bagaimana sistem kekebalan tubuh bereaksi. Tanda-tanda awal FIP biasanya sangat samar dengan demam berfluktuasi (suhu tinggi), lesu dan nafsu makan berkurang. Setelah periode beberapa hari atau minggu (atau kadang-kadang bahkan berbulan-bulan) tanda-tanda lain biasanya berkembang.

Secara klasik, FIP telah dibagi menjadi bentuk ‘basah (efusif)’ dan ‘kering’, tetapi sebenarnya kucing cenderung memiliki keduanya pada waktu yang berbeda, atau campuran dari keduanya. Salah satu tantangan dalam mendiagnosis FIP adalah bahwa tanda-tanda klinis seringkali tidak jelas dan tidak spesifik untuk FIP dan dapat dilihat dengan penyakit lain.

Penyakit basah atau efusif

Pada bentuk atau stadium penyakit ini terjadi penimbunan cairan di dalam rongga perut (mengakibatkan distensi perut) dan/atau rongga dada (mengakibatkan kesulitan bernapas). Cairan menumpuk karena infeksi FIPV menyebabkan kerusakan dan peradangan pembuluh darah (disebut ‘vaskulitis’) yang mengakibatkan cairan bocor dari darah ke perut atau dada.

Kasus yang mengembangkan akumulasi cairan di perut bertanggung jawab atas nama asli penyakit ini, ‘peritonitis’ mengacu pada peradangan yang terjadi pada lapisan rongga perut. Cairan yang terbentuk biasanya kental dan berwarna kuning cerah serta banyak mengandung protein. Namun, penyakit lain (termasuk beberapa penyakit hati dan kanker) juga dapat menyebabkan akumulasi cairan serupa.

Bentuk lain dari FIP

FIP dapat mempengaruhi setiap organ tubuh dan bentuk lain dari FIP (sering disebut ‘kering’ FIP) melibatkan formulasi granuloma (massa virus dan sel inflamasi) dan tanda-tanda akan bervariasi sesuai dengan organ yang terkena. Peradangan ini mempengaruhi mata pada sekitar 30% kasus dan otak pada sekitar 30% kasus, tetapi juga dapat mempengaruhi hampir semua jaringan dalam tubuh termasuk hati, ginjal, paru-paru dan kulit.

Dengan demikian, berbagai tanda dapat diamati termasuk penyakit neurologis (misalnya, gaya berjalan yang goyah dan tidak stabil), perdarahan di mata dan tanda-tanda penyakit samar lainnya yang mungkin terjadi dengan lesi di hati, ginjal atau organ dalam lainnya.

Kucing apa yang paling sering terkena FIP?

Meskipun FIP dapat terjadi pada kucing dari segala usia, paling sering terlihat pada kucing muda. Sekitar 80% kasus yang didiagnosis terjadi pada kucing berusia kurang dari 2 tahun, dan banyak kasus terlihat pada anak kucing berusia sekitar 4-12 bulan. FIP juga lebih umum pada kucing yang dipelihara dalam kelompok atau koloni (terutama rumah tangga pembiakan) karena ini adalah lingkungan di mana infeksi FCoV menyebar dengan mudah.

Lingkungan yang ramai juga dapat menyebabkan stres, yang dapat menjadi faktor perkembangan penyakit karena mengganggu respons kekebalan kucing. Ada bukti bahwa genetika juga dapat berperan dalam kerentanan terhadap penyakit, meskipun ini kompleks. Banyak kucing yang mengembangkan FIP sekarang berada di satu rumah kucing, meskipun berasal dari lingkungan multi-kucing.

Bagaimana FIP didiagnosis?

FIP adalah penyakit yang sangat sulit untuk ditangani karena tidak ada tanda klinis yang spesifik untuk diagnosis FIP, dan tidak ada tes darah sederhana untuk memastikan diagnosis. FIP dapat dianggap lebih mungkin ketika:

• Kucing menunjukkan tanda-tanda klinis yang kompatibel dengan FIP
  • Kucing berada dalam kategori risiko yang lebih tinggi (misalnya, kucing muda, kucing koloni, dll.)
  • Perubahan khas terlihat pada tes darah rutin – ini mungkin termasuk:
    • Limfopenia (jumlah limfosit yang rendah, sejenis sel darah putih)
    • Neutrofilia (peningkatan jumlah neutrofil, sejenis sel darah putih)
    • Anemia (sel darah merah rendah)
    • Peningkatan konsentrasi globulin (salah satu kelompok utama protein dalam darah)
    • Peningkatan enzim hati (misalnya, ALT, ALP)
    • Peningkatan bilirubin (dan penyakit kuning atau menguningnya gusi dan mata)

Tak satu pun dari perubahan darah ini yang spesifik untuk FIP, terjadi dengan penyakit lain juga, tetapi jika beberapa perubahan terlihat dalam kombinasi dengan tanda-tanda yang tepat, diagnosis FIP menjadi lebih mungkin. Banyak dari kelainan ini mungkin juga tidak ada pada tahap awal penyakit tetapi dapat menjadi jelas saat penyakit berkembang. Dengan demikian, beberapa tes yang memberikan hasil normal mungkin harus diulang nanti.

Jika terdapat cairan di rongga perut atau dada, mendapatkan sampel cairan dan menganalisis kandungan sel dan protein dapat sangat membantu. Dengan FIP cairan selalu memiliki kandungan protein yang tinggi dan analisis lebih lanjut dari jenis sel dan jenis protein yang ada dapat berguna. Tes lebih lanjut pada cairan dapat dilakukan untuk mencari virus (PCR misalnya). Mencari cairan adalah bagian penting dalam menyelidiki kucing untuk FIP sehingga xrays, dan khususnya ultrasound, bisa sangat membantu dan mungkin perlu diulang lagi nanti seiring perkembangan penyakit.

Tes lain yang terkadang juga dapat membantu meliputi:

• Analisis lebih lanjut dari protein dalam darah (misalnya mengukur protein asam-1-alfa glikoprotein [AGP])
  • Pemindaian MRI otak
  • Evaluasi sampel cairan serebrospinal (cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang) dalam kasus di mana ada tanda-tanda neurologis
    Evaluasi cairan dari mata (aqueous humor) pada kasus okular
  • Sampel jarum dari lesi di organ dan kelenjar getah bening
    Biopsi (sampel jaringan) yang diambil saat operasi

Mencari keberadaan antibodi terhadap virus dalam sampel darah (serologi virus corona) sangat terbatas nilainya – antibodi terhadap FCoV berkembang saat kucing bertemu virus corona – ini tidak berarti mereka memiliki atau akan mendapatkan FIP. Oleh karena itu, sejumlah besar kucing yang sangat sehat positif pada tes ini, dan tidak boleh digunakan untuk diagnosis.

Mengonfirmasi diagnosis FIP

Untuk mengkonfirmasi diagnosis sangat sulit, tetapi secara umum menemukan jenis efusi atau peradangan yang khas dan menemukan virus di area yang sama dapat berguna. Cara mencari keberadaan virus antara lain imunositokimia dan imunohistokimia (pewarnaan virus agar dapat dideteksi) dan PCR (pengujian materi genetik virus).

Tes ini dapat dilakukan pada cairan, sampel jarum, biopsi dan sampel lainnya. Ingat, tidak cukup hanya menemukan virus karena kucing tanpa FIP mungkin terjangkit virus corona, kita harus menyusun teka-teki tanda klinis, temuan pencitraan, sampel cairan dan jarum, serta tes deteksi virus.

Perawatan untuk FIP

Ada perkembangan signifikan baru-baru ini dalam pengelolaan kondisi yang dulunya fatal ini. Penelitian terbaru oleh Profesor Niels Pedersen dari University of California, Davis, telah menunjukkan bahwa beberapa obat anti-virus yang lebih baru seperti GS-5734 dan GS-441524, yang digunakan pada manusia untuk melawan beberapa virus yang muncul, mungkin efektif. Selain itu, remdesivir, prodrug GS-441524 telah tersedia secara legal di Inggris dan Australia. Obat ini telah digunakan untuk mengobati infeksi virus pada manusia termasuk SARS-CoV-2 (COVID-19).

Pengalaman awal positif dengan tingkat respons sekitar 80% dan oleh karena itu kami memiliki alasan untuk optimis. Perawatannya tetap mahal dan membutuhkan perawatan yang lama (84 hari) sehingga dokter hewan harus memperhatikan komitmen dan biaya yang terlibat ditambah potensi kekambuhan. Kami berharap dapat mempelajari lebih lanjut tentang pengobatan FIP selama beberapa tahun ke depan. Produk pasar gelap tetap tersedia, tetapi kandungan dan keamanannya tidak diketahui sehingga obat legal harus dipilih untuk pengobatan FIP pada kucing.

Pencegahan FIP

Vaksin komersial tersedia di beberapa negara untuk membantu melindungi dari FIP. Namun, vaksin ini (sambil menunjukkan beberapa kemanjuran) hanya dapat diberikan kepada anak kucing di atas usia 16 minggu. Indikasi utama untuk menggunakan vaksin semacam itu adalah di rumah tangga pembiakan, terutama dengan riwayat FIP, tetapi pada saat anak kucing dapat divaksinasi (pada 16 minggu) mereka hampir selalu telah terpapar infeksi FCoV dan oleh karena itu vaksin mungkin memiliki sedikit atau tidak ada nilai.