Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) – Kucing, seperti kucing Angora, Persia, dan British berambut pendek, merupakan hewan peliharaan favorit banyak orang. Guna mencukupi kebutuhan nutrisinya, berbagai merk makanan kucing atau cat food bermunculan. Anda bisa dengan mudah mendapatkan merek terkenal seperti Me-O, PURINA, Royal Canin dan Orijen.

Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sumber : hewany.com

 Baca Juga : Cara Merawat Anak Kucing Peliharaan dengan Benar

Pertanyaannya, apakah semua merek ini bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawab pertanyaan ini, dokter hewan, dokter. Tito Suprayoga akan mempublikasikan komentarnya di artikel ini. Anda juga dapat mengikuti petunjuk untuk membuat pilihan, dan melihat rekomendasi produk makanan kucing berkualitas tinggi di bawah ini.

menurut rekomendasi dokter hewan drh. Tito Suprayoga, M.Sc.

drh Tito Suprayoga, Magister dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjabat sebagai asisten laboratorium biokimia, drh. Tito juga menjadi juru bicara UKM Hewan Peliharaan Fakultas Kedokteran Hewan UGM.

Sejak 2017, dr-addie – pemilik akun Instagram @titosuprayoga berkomitmen dan mendalami bidang praktisi hewan peliharaan. Mantan asisten dosen patologi anatomi ini juga terlibat dalam penelitian genetika molekuler hewan.

Cara memilih makanan kucing

Kucing memiliki nafsu makan dan kebutuhan nutrisi yang berbeda. Apa salahnya, bagaimana cara memilih makanan kucing yang enak? Silakan simak tips di bawah ini agar tidak bingung lagi.

Pilihlah berdasarkan tipe makanan

Makanan kucing dibedakan menjadi dua jenis yaitu makanan kering dan makanan basah. Kedua jenis pakan tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Untuk menemukan perbedaannya, pertimbangkan instruksi di bawah ini.

Makanan kering lebih cocok dijadikan makanan utama karena sifatnya yang tahan lama dan harga yang bersahabat. Selain itu, makanan kering juga dapat membantu kucing untuk melatih giginya dan berperan dalam mencegah penumpukan plak gigi.

Pemberian makanan kering praktis karena Anda dapat menggunakan dispenser makanan kucing berkapasitas besar. Jika kucing Anda menyukai pakan basah, Anda bisa menambahkan sedikit air ke makanan keringnya.

Kucing yang berumur minimal 2 bulan atau sudah diperiksa oleh dokter hewan bisa diberi makan kering. Tentunya hal tersebut harus dilakukan dengan memperhatikan status kesehatan dan jenis pakan yang diberikan.

Pakan kering diberikan dalam gram per hari yang direkomendasikan oleh produsen atau informasi pada label kemasan. Hal yang perlu diingat, pemberian makan yang berlebihan atau kurang setiap hari bisa mempengaruhi kesehatan kucing.

Makanan basah: Ramah bagi kucing dengan daya gigit yang lemah

Jika kucing Anda menggigit, beri makan makanan basah. Selain memiliki kadar air yang lebih banyak, wet food memiliki rasa yang lebih banyak dibandingkan dengan dry food. Alhasil, makanan ini bisa diberikan kepada kucing yang tidak nafsu makan. Namun perlu diperhatikan bahwa pakan basah lebih mahal dari pada pakan kering dan tidak tahan lama.

Kucing mampu menghasilkan urine yang lebih pekat daripada anjing dan miliki keperluan air yang lebih rendah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pakan kering dikaitkan bersama asupan air yang lebih sedikit dan mengakibatkan dehidrasi. Selain itu, pakan kering juga mampu menaikkan risiko penyakit ginjal dan penyakit saluran kemih lainnya.

Beberapa penelitian menemukan kucing minum lebih sedikit air selagi makan pakan kering. Namun, ada penelitian lain yang bertentangan bersama penemuan ini. Penelitian selanjutnya mengidentifikasi bahwa tidak ada perbedaan takaran air terhadap tubuh kucing yang diberi makanan kering dan makanan basah.

Ada banyak aspek yang memengaruhi asupan air terhadap kucing selain berasal dari wujud makanannya. Beberapa aspek selanjutnya pada lain takaran protein dan mineral dan juga kepadatan energinya. Oleh karena itu, memberi makan makanan basah saja tidak dijamin bakal menaikkan asupan air terhadap tubuh hewan. Anda juga wajib menyertainya bersama asupan minum yang memenuhi keperluan hariannya.

Gabungkan kedua jenis pakan agar kucing tidak bosan

Kucing tidak hanya memakan manusia, mereka juga makan dengan cara yang membosankan. Untuk mempertahankan nafsu makan yang baik, campurkan makanan kering dan basah. Misalnya, jika selama ini Anda menggunakan salmon sebagai makanan kering, Anda juga bisa memberinya makan dengan makanan basah dari ayam. Kami menganjurkan agar Anda memilih konten utama lainnya untuk memanfaatkan nutrisi sepenuhnya.

Kucing haus darah atau mau mencoba hal baru. Kucing Anda mungkin lelah makan makanan yang sama dengan cara yang sama setiap hari. Mencampur makanan kucing basah dan kering adalah cara yang baik untuk meningkatkan keturunan. Selain itu, Anda bisa memberinya makan sendirian saat dia makan.

Lengkapi nutrisinya dengan snack

Saat kucing kehilangan nafsu makan, sangat disarankan untuk mengemil. Selain disajikan secara terpisah, Anda juga bisa menjadikan camilan sebagai topping di menu utama. Bahkan kucing yang sedang diet dapat melengkapi nutrisinya dengan camilan.

Anda bisa memberikan berbagai bentuk snack kering atau basah, seperti daging yang diiris tipis-tipis, pasta, dll. Selain itu, camilan juga bisa menjadi pahala yang nikmat bila Anda melatih camilan dengan benar saat makan.

Anda bisa memberi kucing camilan. Namun, ingatlah bahwa camilan tidak boleh menyumbang lebih dari 10% dari asupan energi kucing. Tidak seperti pakan kering atau basah, camilan kucing tidak dapat sepenuhnya bergizi dan seimbang.

Camilan yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan nutrisi dan nafsu makan yang biasanya dibutuhkan kucing. Tidak hanya itu, kucing Anda juga bisa menjadi pemilih makanan atau pemilih makanan. Terlalu banyak camilan juga dapat meningkatkan kemungkinan kelebihan berat badan dan obesitas.

Oleh karena itu, pemilik harus memahami kandungan nutrisi pada camilan tersebut sebelum memberikannya kepada kucing. Anda juga bisa membatasi jumlah camilan. Misal, berikan snack hanya seminggu sekali untuk menghindari hal-hal yang tidak perlu.

Sesuaikan bersama keadaan kesegaran kucing Anda

Kucing yang sedang sakit butuh nutrisi tambahan. Jadi, pilihlah makanan kucing yang diformulasikan khusus untuk keadaan tubuh khusus sehingga asupan gizinya terpenuhi. Untuk memahami jenis-jenis pakan kucing bersama formula khusus yang ada di pasaran, simaklah penjelasan di bawah ini.

Berikan makanan yang tinggi protein dan bernutrisi untuk kucing pasca sterilisasi

Sterilisasi adalah menghilangkan fungsi reproduksi kucing dengan cara mencabut organ reproduksi kucing. Setelah disinfeksi, metabolisme kucing akan berkurang dan menjadi lebih gemuk. Namun, ini tidak berarti bahwa ia harus diberi makanan penurun berat badan. Berikan diet tinggi protein, tanpa biji-bijian, dan bebas zat aditif. Makanan berkualitas tinggi bisa membuat Anda cepat kenyang untuk mencegah obesitas.

Kebanyakan kucing tidak nafsu makan setelah berpuasa setelah operasi. Karena itu, pilihlah makanan yang bisa menambah nutrisi meski dalam porsi kecil. Anda juga bisa memberikan makanan yang diformulasikan khusus untuk kucing yang telah menjalani operasi.

Kucing yang telah disterilkan dan dijahit berada dalam keadaan katabolik. Tanpa nutrisi yang tepat, kucing Anda akan berada dalam kondisi keseimbangan nitrogen negatif. Kondisi ini dapat menyebabkan luka sembuh perlahan atau bahkan gagal sembuh.

Baca Juga : 7 Cara Agar Rambut Tidak Kaku

Protein dan glukosa merupakan nutrisi utama untuk penyembuhan luka. Protein membantu mencegah edema, sedangkan glukosa memberikan energi untuk sel darah putih dan fibroblas. Leukosit dan fibroblas merupakan bagian penting dari pembentukan kolagen dan kemampuan penyembuhan luka.

Karena itu, asupan kedua nutrisi ini dalam makanan yang tidak mencukupi dapat menunda penyembuhan. Selain itu, kekurangan nutrisi tersebut dapat menyebabkan penyembuhan luka yang tidak efektif.

Pilihlah formula khusus untuk melindungi kucing dari penyakit atau masalah berat badan

Kini tersedia beragam makanan kucing yang kandungannya cocok untuk berbagai kondisi khusus. Misalnya, ada pakan kucing indoor yang dirancang khusus untuk kucing yang suka tinggal di dalam ruangan. Selain itu juga memberikan pakan kucing rendah kalori untuk kucing yang sedang diet akibat obesitas.

Beberapa produk juga dirancang khusus untuk menjaga bulu kucing Anda tetap sehat dan mengatasi masalah bohlam rambut. Jika kucing Anda mengidap penyakit seperti diabetes atau penyakit saluran kemih, jangan khawatir. Makanan kucing jenis ini juga tersedia di pasaran.

Kucing bisa saja menderita penyakit atau gangguan nutrisi tertentu, seperti obesitas atau malnutrisi. Dalam hal ini kucing membutuhkan asupan nutrisi dan komposisi yang berbeda dengan kucing sehat.

Misalnya, kucing dengan penyakit sistem kemih kristal memerlukan pemberian air seni khusus. Pakan ini diformulasikan untuk membuat urine kucing sedikit asam untuk mencegah pembentukan kembali kristal. Oleh karena itu pakan dapat membantu proses penyembuhan dan mencegah kambuhnya penyakit yang sama.

Periksa pakan kucing untuk bahan yang dapat menyebabkan alergi

Makanan paling umum yang menyebabkan alergi kucing adalah telur, ikan, ayam, susu, dan daging sapi. Faktanya, sebagian besar makanan kucing menggunakan bahan-bahan ini sebagai bahan utamanya. Oleh karena itu, periksalah apakah kucing kesayangan Anda mengalami reaksi alergi sebelum memilih pakan untuknya. Untuk mendapatkan diagnosa yang tepat, mintalah dokter hewan untuk memeriksakan kucing Anda.

Istilah alergi makanan digunakan untuk melukiskan reaksi immune-mediated abnormal terhadap antigen makanan. Dengan kata lain, alergi makanan mengacu terhadap reaksi yang disebabkan oleh proses kekebalan terhadap protein spesifik terhadap makanan.

Dokter hewan menyadari mekanisme terjadinya alergi makanan. Namun, dokter hewan tidak mampu langsung mengidentifikasi mengapa lebih dari satu kucing membuktikan reaksi alergi makanan dan lainnya tidak.

Reaksi alergi akibat pakan terhadap kucing beraneka ragam dan untuk mengetahuinya wajib dijalankan pemeriksaan mendalam. Reaksi alergi yang barangkali timbul terhadap kucing adalah gatal-gatal yang parah dan peradangan terhadap kulit. Rasa gatal ini umumnya menyerang wajah, telinga, perut, selangkangan, ketiak, dan kaki.

Kucing yang terasa terlalu gatal akan sering menggaruk-garuk dirinya. Hal ini mampu sebabkan trauma yang signifikan, seperti luka, lecet, dan rambut rontok. Beberapa kucing juga membuktikan reaksi alergi bersama gejala muntah dan/atau diare yang seiring bersama reaksi alergi terhadap kulit.

Hal yang wajib dijalankan mengenai alergi di atas adalah mengonsultasikannya bersama dokter hewan terdekat. Hal ini gara-gara gatal terhadap kulit tidak tetap disebabkan oleh alergi pakan. Kerja mirip antara pemilik dan dokter hewan terlalu diperlukan untuk menangani persoalan alergi pakan terhadap kucing.

Pilihlah sesuai tahapan perkembangan kucing

Kucing membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda di setiap tahap perkembangannya. Berikan makanan yang kaya protein dan kalsium untuk anak kucing yang berusia kurang dari satu tahun. Kandungan ini penting untuk pertumbuhan otot dan tulang. Anda juga bisa memberikan makanan yang sama kepada kucing betina saat menyusui untuk mendapatkan nutrisi yang lebih banyak. Selain itu, anak kucing biasanya belajar makan dengan meniru induknya.

Untuk kucing dewasa berumur 1 sampai 6 tahun, mohon berikan nutrisi makanan kucing yang lengkap agar tetap sehat. Pada saat yang sama, kucing yang lebih tua di atas 7 tahun harus menerima diet rendah kalori. Anda juga bisa mempertimbangkan pakan yang diformulasikan secara khusus, karena kucing senior rentan mengalami masalah ginjal.

Kucing membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda di setiap tahap perkembangannya. Berikan makanan yang kaya protein dan kalsium untuk anak kucing yang berusia kurang dari satu tahun. Kandungan ini penting untuk pertumbuhan otot dan tulang. Anda juga bisa memberi kucing betina makanan yang sama saat menyusui untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi. Selain itu, anak kucing biasanya belajar makan dengan meniru ibunya.

Untuk kucing dewasa berumur 1 sampai 6 tahun, mohon berikan nutrisi makanan kucing yang lengkap untuk menjaga kesehatan. Pada saat yang sama, kucing yang lebih tua dari 7 tahun harus menerima diet rendah kalori. Anda juga bisa mempertimbangkan pakan yang diformulasikan secara khusus, karena kucing senior rentan mengalami masalah ginjal.

Sesuaikan makanan dengan ras kucing

Produk pakan yang disesuaikan dengan ras kucing juga banyak dijual di pasaran. Anda bisa memilih dengan mudah, karena makanan ini dibuat khusus sesuai dengan ciri khas masing-masing spesies (misalnya bulunya).

Tahukah Anda, beberapa merek menyediakan makanan khusus untuk Angora, American Shorthair, Maine Coon, Persians dan lainnya. Jika Anda menemukan makanan yang sesuai dengan ras kucing kesayangan Anda, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Selain kebutuhan nutrisi yang berbeda pada tiap umur, setiap ras kucing memiliki keunikan dan kebutuhan nutrisinya masing-masing. Inilah alasan mengapa setiap ras memiliki kebutuhan nutrisi pakan yang berbeda.

Banyak produsen makanan kucing telah melakukan penelitian dan melakukan penelitian tentang kebutuhan masing-masing ras. Pemilik hanya perlu memilih dan mengatur pakan sesuai dengan kebutuhan hewan peliharaannya masing-masing. Jika ada reaksi alergi atau ketidaksesuaian, Anda bisa berkonsultasi ke dokter hewan.

Dr-Addie - Berita Terbaru Mengabarkan Penelitian virus kucing Feline Infectious Peritonitis