7 Penyakit Kucing yang Mematikan dan Gejalanya

7 Penyakit Kucing yang Mematikan dan Gejalanya – Seperti manusia, kucing Anda juga bisa jatuh sakit dan menghadapi berbagai masalah kesehatan. Dalam situasi seperti itu, Anda harus memperhatikan gejalanya sehingga Anda dapat menjelaskannya dengan benar kepada dokter hewan. Pengobatan teratur, pola makan yang benar dan istirahat seperti yang ditentukan oleh dokter hewan harus diberikan kepada kucing Anda untuk menyembuhkan penyakitnya.

7 Penyakit Kucing yang Mematikan dan Gejalanya

dr-addie – Ada penyakit tertentu yang cukup berbahaya bagi kucing Anda dan Anda harus ekstra hati-hati terhadapnya. Nah, itulah beberapa penyakit kucing yang mematikan dan gejalanya.

Baca Juga : Mengenal Penyakit Feline Immunodeficiency Virus (FIV) Pada Kucing

Penyakit kucing berbahaya dan gejalanya:

Penyakit ginjal

Ini adalah salah satu penyebab utama kematian di antara kucing. Meskipun terlihat pada kucing dari segala usia dan ras, sebagian besar menyerang kucing berusia tujuh tahun dan ras berbulu panjang. Gejala penyakit ini adalah bulu kering, penurunan berat badan, buang air kecil meningkat, haus yang ekstrim, air liur terus-menerus, bau mulut dll.

Feline immunodeficiency virus (FIV)

Penurunan berat badan, bulu kering, penyakit kulit, diare dll adalah penyakit umum untuk FIV pada kucing. Penyakit ini dapat ditularkan melalui gigitan. Jadi, simpan kucing Anda di dalam ruangan untuk keamanan dan periksa pemeriksaan rutin tahunan dan vaksin mereka.

Diabetes

Baik diabetes tipe 1 dan 2 umum terjadi pada kucing karena mereka kebanyakan memiliki diet tinggi karbohidrat. Tipe 1 terjadi karena kekurangan insulin dan tipe 2 terjadi karena resistensi terhadap insulin. Gejala umum dari masalah ini adalah buang air kecil dan haus yang ekstrem, penurunan berat badan, muntah, dll.

Leukemia

Ini adalah kanker sel darah putih yang menyebar melalui virus yang ditemukan dalam air liur dan urin kucing. Ini dapat menyebar ke kucing lain dari yang terinfeksi dengan berbagi mangkuk makanan yang sama atau berkelahi. Gejalanya adalah diare, penyakit kulit, infeksi kandung kemih, infertilitas dll.

Rabies

Rabies adalah infeksi virus yang menyebar dari kucing yang terinfeksi melalui gigitan atau air liur. Ini adalah penyakit fatal yang menyerang otak, saraf, dan sumsum tulang belakang kucing. Rabies juga dapat menyebar ke manusia dari hewan dan karenanya kucing Anda perlu divaksinasi untuk ini. Gejala rabies adalah demam, penurunan berat badan, hiperaktif, agresi, kejang otot, air liur yang berlebihan, dll.

Cacing hati

Ini adalah penyakit di jantung dan paru-paru dan terkadang bisa berakibat fatal. Ini menyebar dari nyamuk dan gejala umum adalah batuk, muntah, penurunan berat badan, kejang, dll.

Hipertiroidisme

Ini terjadi karena kelebihan produksi hormon tiroid, peningkatan laju metabolisme dan dengan memberi tekanan pada ginjal, jantung, dan hati kucing Anda. Itu harus ditangani dengan benar jika tidak, ini bisa berakibat fatal. Gejalanya adalah muntah, diare, sering buang air kecil dan haus, bulu kering, nafsu makan berubah, penyakit jantung, dll.