Macam – Macam Penyakit Menular Pada Kucing

Macam – Macam Penyakit Menular Pada Kucing – Membawa kucing baru ke dalam keluarga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tapi sama seperti anak-anak, mereka memiliki tanggung jawab yang besar. Penting untuk memahami apa yang diperlukan untuk merawat kucing.

Macam – Macam Penyakit Menular Pada Kucing

dr-addie – Itu termasuk mengetahui kondisi apa yang dapat mempengaruhi mereka. Berikut adalah beberapa kondisi umum yang bisa dialami kucing, cara perawatannya, dan apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Baca Juga : 7 Penyakit Kucing yang Mematikan dan Gejalanya

1. Feline Immunodeficiency Virus (FIV)

Feline immunodeficiency virus (FIV) menurunkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan AIDS pada kucing. Virus ini menyebar melalui air liur kucing yang terinfeksi, terutama melalui gigitan . Kucing yang berkeliaran di luar ruangan, kucing jantan, dan kucing yang lebih tua lebih mungkin terinfeksi. Kondisi ini didiagnosis menggunakan tes darah. Dokter hewan Anda mungkin menyarankan untuk melakukan tes ini ketika kucing baru didapat.

Tak lama setelah terinfeksi, kucing mungkin mengalami demam dan pembesaran kelenjar getah bening. Segera, tanda-tanda ini akan hilang. Kucing mungkin tampak sehat, tanpa tanda-tanda infeksi lebih lanjut selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Tidak ada obatnya. Pengobatan seringkali melibatkan perawatan suportif dan pengobatan untuk infeksi sekunder. Setelah kucing didiagnosis dengan FIV, mereka akan memilikinya seumur hidup.

2. Virus Leukemia Kucing (FeLV)

Feline Leukemia Virus (FeLV) sangat menular dan menyebabkan lebih banyak kematian kucing daripada organisme lain. FeLV mempengaruhi kucing yang berada dalam kontak dekat. Cara penularan utama adalah melalui kontak dengan air liur dari kucing yang terinfeksi. Virus dapat ditularkan dengan cara lain, termasuk penularan melalui darah, urin, feses, dan sekresi susu. Ini paling sering terjadi melalui kontak sosial yang dekat. Kondisi ini didiagnosis dengan tes darah. Dokter hewan Anda mungkin menyarankan untuk melakukan tes ini ketika kucing baru didapat.

Gejalanya bisa multi-sistemik. Mereka mungkin termasuk anemia , penekanan sistem kekebalan tubuh, masalah reproduksi, peradangan usus, dan bahkan gangguan neurologis. Tidak ada obatnya. Perawatan suportif dan pengobatan gejala, bertujuan untuk mengurangi efek pada sistem kekebalan tubuh. Setelah kucing didiagnosis dengan FeLV, mereka akan memilikinya seumur hidup.

3. Rhinotracheitis Virus Kucing

Feline Viral Rhinotracheitis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok agen infeksi yang menyebabkan gejala saluran pernapasan atas pada anak kucing dan kucing. Herpesvirus dan Calicivirus, menyebabkan sekitar 90 persen infeksi pernapasan pada kucing. Agen lain termasuk Chlamydophila , Mycoplasma, Bordetella , dan lain-lain. Sangat umum bagi kucing untuk terinfeksi lebih dari satu agen.

Feline Viral Rhinotracheitis juga sangat menular. Virus ini menyebar melalui bersin basah dari kucing yang terinfeksi. Kucing yang terinfeksi biasanya berasal dari tempat penampungan, adalah kucing luar, atau ditempatkan dalam kontak dekat dengan banyak kucing lain. Gejalanya termasuk bersin, mata berair, dan keluarnya cairan dari hidung.

Terkadang kucing mungkin mengalami batuk, sariawan di mulut atau hidung, dan bahkan demam. Perawatan tergantung pada tingkat keparahan gejala, tetapi mungkin termasuk antibiotik, cairan, dan obat antivirus. Vaksin tersedia, tetapi tidak 100 persen preventif. Mereka memang membantu meminimalkan gejala.

4. Giardia

Giardia adalah organisme protozoa bersel tunggal yang dapat menyebabkan infeksi usus pada kucing. Meski jarang, Giardia bisa menular ke manusia. Kucing dalam pengaturan kelompok seperti tempat penampungan, paling sering terpengaruh. Giardia memiliki dua bentuk: trofozoit dan kista. Trofozoit adalah bentuk parasit yang hidup di dalam inang (kucing), berenang di sekitar dan menempel di usus. Kista adalah bentuk menular dan hidup di lingkungan.

Gejala termasuk diare terus menerus atau intermiten dan muntah sesekali. Dalam banyak kasus, tidak ada gejala. Diagnosis dulunya sulit, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, tes internal dibuat untuk membuat prosesnya lebih mudah. Perawatan yang paling berhasil termasuk obat cacing spektrum luas yang diresepkan oleh dokter hewan.

Karena kista dapat menempel pada bulu kucing yang terinfeksi, kista dapat menjadi sumber infeksi ulang. Jadi mandi harus diberikan selama pengobatan. Dekontaminasi lingkungan dianjurkan. Untuk membantu mencegah penyebaran kista Giardia, pembuangan tinja dan desinfeksi yang cepat dan sering, membatasi kontaminasi lingkungan. Kista diinaktivasi oleh sebagian besar senyawa amonium kuaterner, uap, dan air mendidih.

5. Kurap

Kurap adalah infeksi kulit, rambut, atau kuku yang disebabkan oleh sejenis jamur yang dikenal sebagai dermatofit. Kurap bersifat zoonosis, artinya bisa menular ke manusia. Infeksi dapat berasal dari kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi, kontak langsung dengan pembawa tanpa gejala, atau kontak dengan spora di lingkungan. Infeksi ditularkan ketika spora menempel pada kulit yang terkelupas atau teriritasi. Lesi kulit biasanya muncul satu sampai tiga minggu setelah terpapar.

Kucing yang terinfeksi biasanya mengalami kebotakan, bercak bersisik dengan rambut patah. Mereka juga dapat mengembangkan benjolan seperti jerawat pada kulit. Situs yang paling umum terkena kurap adalah wajah, ujung telinga, ekor, dan kaki. Kurap didiagnosis dengan kultur jamur, pemeriksaan dengan lampu ultraviolet, dan pemeriksaan mikroskopis langsung dari sisik rambut atau kulit.

Infeksi kurap terkadang dapat hilang dengan sendirinya, tetapi beberapa kucing mungkin memerlukan perawatan. Sampo dan celup obat, dan obat antijamur, dapat membantu mempercepat pemulihan. Mereka juga dapat mencegah penyebaran jamur lebih lanjut di lingkungan. Pemutih encer dapat digunakan untuk membersihkan lingkungan hewan peliharaan. Jika Anda mencurigai Anda atau seseorang di rumah Anda telah terinfeksi Kurap, silakan hubungi dokter Anda untuk instruksi lebih lanjut.

Jika Anda mencurigai hewan peliharaan Anda sakit, segera hubungi dokter hewan. Untuk pertanyaan terkait kesehatan, selalu konsultasikan dengan dokter hewan Anda, karena mereka telah memeriksa hewan peliharaan Anda, mengetahui riwayat kesehatan hewan peliharaan, dan dapat membuat rekomendasi terbaik untuk hewan peliharaan Anda.