Mendiagnosis dan Mengelola Penyakit Saluran Kemih Bagian Bawah Kucing

Mendiagnosis dan Mengelola Penyakit Saluran Kemih Bagian Bawah Kucing – Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD) adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang mempengaruhi kandung kemih atau uretra kucing itu bukan sindrom atau diagnosis spesifik. Telah dilaporkan bahwa antara 4,5% dan 8% kucing yang datang ke praktik dokter hewan atau rumah sakit pendidikan memiliki FLUTD.

Mendiagnosis dan Mengelola Penyakit Saluran Kemih Bagian Bawah Kucing

dr-addie – Penyebab FLUTD antara lain kondisi fisik dan gangguan perilaku yang mengakibatkan buang air kecil tidak tepat. Karena FLUTD mencakup serangkaian penyakit yang menunjukkan tanda-tanda klinis yang serupa, diperlukan pendekatan diagnosis individual dan menyeluruh untuk menentukan penyebab dan mengoptimalkan terapi.

Baca Juga : 10 Penyakit dan Gejala Umum Kucing

Sinyal

Sebagian besar kucing yang mengalami FLUTD berusia antara 1 dan 10 tahun. 4 Pada kucing yang berusia kurang dari 10 tahun, feline idiopathic cystitis (FIC) adalah penyebab paling umum (55% hingga 63%), diikuti oleh urolitiasis (15% hingga 22%) dan sumbatan uretra (10% hingga 21%). Neoplasia (kurang dari 1% sampai 2%) dan infeksi saluran kemih (ISK; kurang dari 1% sampai 8%) jarang terjadi. 5-7 Dalam sebuah penelitian, kucing berusia 10 tahun atau lebih dilaporkan memiliki peningkatan risiko ISK.

Selain itu, kucing dengan gangguan metabolisme tertentu, 8,9 urolitiasis, 10 dan prosedur saluran kemih sebelumnya (misalnya, kateterisasi uretra, uretrostomi perineum) 11-13memiliki peningkatan insiden ISK. Neoplasia kandung kemih jarang terjadi pada kucing tetapi lebih sering terjadi pada kucing yang berusia lebih dari 10 tahun. Breed tertentu mungkin memiliki peningkatan risiko etiologi spesifik FLUTD; misalnya, dalam beberapa penelitian, ras Rusia Biru, Himalaya, dan Persia memiliki peningkatan risiko urolitiasis. 3,14

Riwayat Pasien

Tanda-tanda klinis membantu melokalisasi masalah ke saluran kemih bagian bawah. Informasi dari klien dapat digunakan untuk menentukan durasi dan keparahan tanda.

Selain itu, penting untuk menentukan apakah kucing menunjukkan tanda-tanda penyakit sistemik, terutama jika terjadi obstruksi uretra. Informasi mengenai lingkungan kucing, termasuk pola makan, pengelolaan kotak pasir, akses ke luar rumah, hewan peliharaan lain di rumah tangga, pengayaan yang tersedia, dan pemicu stres potensial, dapat membantu saat mengubah kondisi lingkungan sebagai bagian dari pengelolaan kronis FIC.

Survei online yang tersedia, seperti yang termasuk dalam Pedoman AAFP dan ISFM 2014 untuk Mendiagnosis dan Memecahkan Perilaku Mengotori Rumah pada Kucing, dapat membantu dalam mendapatkan riwayat lingkungan yang terperinci. Jika kucing telah diberi obat, terutama dengan antibiotik empiris, respons terhadap terapi harus diinterpretasikan dengan hati-hati karena FIC biasanya sembuh secara spontan setelah 1 hingga 7 hari, yang mungkin disalahartikan sebagai respons terapeutik.

Pemeriksaan fisik

Pemeriksaan fisik menyeluruh harus dilakukan, termasuk pengukuran parameter vital, karena obstruksi uretra dapat menyebabkan gangguan metabolisme yang parah. Kandung kemih yang buncit dan nyeri yang tidak dapat diekspresikan merupakan temuan klasik pada obstruksi uretra.

Penis mungkin memerah karena trauma diri. Pasien dengan FLUTD nonobstruktif sering kali memiliki kandung kemih yang kecil atau minimal yang mengalami distensi yang mungkin memiliki dinding yang menebal secara jelas. Sangat jarang untuk meraba efek massa pada kucing dengan neoplasia kandung kemih.

Proses Diagnostik

Minimal, urinalisis lengkap, termasuk pemeriksaan sedimen, dan survei radiografi perut harus dilakukan untuk semua kucing dengan tanda-tanda FLUTD. Untuk kucing dewasa yang berusia kurang dari 10 tahun dengan tanda-tanda akut, FIC dan urolitiasis adalah perbedaan utama, sehingga urinalisis dan radiografi biasanya memadai.

Jika kucing berusia 10 tahun atau lebih saat presentasi, perbedaan tambahan termasuk ISK atau neoplasia, jadi kultur urin kuantitatif diindikasikan dan ultrasonografi perut harus dipertimbangkan. Jika kucing sering berulang atau kronis, tanda-tanda terus-menerus, perbedaannya harus mencakup FIC, urolitiasis, ISK, dan masalah perilaku, jadi evaluasi diagnostik lengkap diindikasikan, bahkan jika pasien bukan kucing yang lebih tua.

Urinalisis Lengkap

Urinalisis lengkap meliputi evaluasi dipstik, pengukuran berat jenis urin (USG) dengan refraktometer, dan pemeriksaan sedimen urin. Urin harus dianalisis dalam waktu 60 menit setelah pengumpulan untuk hasil yang paling dapat diandalkan. Satu kekhawatiran adalah bahwa kristal dapat terbentuk secara in vitro. Bantalan uji esterase leukosit pada tongkat celup memiliki tingkat positif palsu yang tinggi pada kucing dan oleh karena itu tidak berguna.

Penyakit radang saluran kemih bagian bawah sering mengakibatkan hematuria makroskopik atau mikroskopis, proteinuria, dan mungkin piuria. Bakteriuria harus segera mengirimkan sampel untuk kultur urin kuantitatif, karena kotoran dapat dengan mudah disalahartikan sebagai bakteri. Bakteri penghasil Urease (misalnya, Staphylococcus spp, Proteus spp) dapat menyebabkan pH basa; namun, pengukuran pH tunggal harus diinterpretasikan dengan hati-hati karena pH dapat bervariasi sepanjang hari.

Secara umum, batu struvite (yaitu, magnesium amonium fosfat) berhubungan dengan pH urin yang basa sampai netral dan batu kalsium oksalat berhubungan dengan pH asam sampai netral. Kristal struvit dan kristal kalsium oksalat dapat hadir dengan atau tanpa urolitiasis.

Kristaluria struvite atau kalsium oksalat tidak memprediksi kucing mana yang akan membentuk batu, dapat terjadi pada kucing yang tampak sehat, dan tidak memerlukan perawatan jika kucing tersebut tidak pernah membentuk batu sebelumnya. Selain itu, jenis kristal tidak serta merta memprediksi komposisi urolith. Meskipun jarang, kristal urat harus segera dievaluasi untuk pirau portosistemik.

Radiografi Perut

Urolith adalah penyebab tanda-tanda saluran kemih bagian bawah pada sekitar 15% sampai 20% pasien kucing, 5-7 sehingga radiografi perut survei diindikasikan pada semua kucing dengan tanda-tanda saluran kemih bagian bawah, terlepas dari sinyal pasien.

Juga, urolith harus dikesampingkan sebelum FIC dapat didiagnosis. Batu struvit dan kalsium oksalat bersifat radiopak, dan radiografi memungkinkan penilaian keberadaan, lokasi, jumlah, dan ukurannya. Neoplasia kandung kemih biasanya tidak terlihat pada radiografi, tetapi jika ada massa yang terkalsifikasi, mungkin dapat dideteksi.

Meskipun tidak memungkinkan evaluasi uretra distal, ultrasonografi perut dapat digunakan bersamaan dengan radiografi untuk menilai ukuran dan jumlah urolit. Mungkin juga menunjukkan kelainan anatomi seperti penebalan dinding kandung kemih, sisa urachal, atau massa kandung kemih.

Uretrografi kontras adalah metode pencitraan terbaik untuk mengevaluasi uretrolit. Untuk kucing dengan tanda saluran kemih bagian bawah yang kronis dan persisten, kontras cystourethrography dapat membantu menyingkirkan batu kecil sebelum menyimpulkan bahwa pasien menderita FIC. Modalitas pencitraan lainnya jarang diperlukan.

Sistoskopi dapat dilakukan di beberapa pusat rujukan. Prosedur ini dapat dilakukan pada kucing betina menggunakan sistoskop kaku 1,9 mm dengan sarung 10-French. Sistoskopi untuk kucing jantan dibatasi oleh diameter uretra yang kecil. Endoskopi hanya memberikan visualisasi (tanpa pengambilan sampel).

Pilihan alternatif adalah melakukan sistoskopi setelah uretrostomi perineum pada kucing jantan atau mendapatkan akses antegrade melalui kandung kemih secara intraoperatif. Selama cystourethroscopy, lesi massa, urolith, kelainan anatomi tertentu, dan perdarahan petechial submukosa (seperti yang terlihat dengan FIC) dapat diidentifikasi.