Mengenal Berbagai Macam Virus Paling Umum Pada Kucing

Mengenal Berbagai Macam Virus Paling Umum Pada Kucing – Kami terus terang jatuh cinta dengan kucing. Itu bukan sesuatu yang baru saja kita katakan itu fakta. Inilah mengapa sangat penting bagi kita untuk menjaga mereka tetap sehat dan bahagia selama bertahun-tahun yang akan datang. Hari ini kita akan berbicara tentang beberapa virus yang paling umum pada kucing , tanda-tanda infeksi dan kemungkinan vaksinasi.

Mengenal Berbagai Macam Virus Paling Umum Pada Kucing

dr-addie – Virus adalah partikel infeksius yang hanya dapat bereplikasi di dalam sel hidup. Itu dapat menginfeksi organisme hidup apa pun, dari mikroba hingga hewan. Virus juga terdiri dari materi genetik ( RNA atau DNA ), kapsid protein, dan amplop lipid.

Baca Juga : 4 Penyakit Kucing yang Umum dan Cara Mengobatinya

Ahli biologi terkadang menyebut mereka sebagai “organisme di tepi kehidupan” karena virus ini sangat mirip dengan organisme yang hidup tetapi tidak memiliki struktur seluler atau metabolisme sendiri dan tidak tumbuh dengan pembelahan sel.Mereka menginfeksi sel inang, mengintegrasikan diri dalam sel dan mengarahkan sel untuk menghasilkan produk mereka dan banyak salinan dari diri mereka sendiri.

Bagaimana vaksin melindungi dari virus?

Infeksi virus pada hewan menyebabkan respon imun. Respon imun ini juga dapat dipicu oleh vaksin yang membantu hewan memperoleh kekebalan terhadap virus tertentu.

Beberapa vaksinasi diwajibkan oleh hukum dan yang lainnya tidak. Untuk beberapa virus, vaksinasi belum dikembangkan atau disempurnakan. American Association of Feline Practitioners telah mengelompokkan vaksin untuk kucing ke dalam tiga kategori umum:

• Inti: semua kucing harus menerima vaksin terlepas dari keadaan,
  • Non-inti: rekomendasi berdasarkan risiko pajanan penyakit (yaitu lokasi dan gaya hidup),
  • Tidak direkomendasikan secara umum: tidak direkomendasikan karena kurangnya bukti keefektifan atau kemungkinan besar efek samping;

Virus paling umum pada kucing

1. Feline Immunodeficiency Virus (FIV)

Feline Immunodeficiency Virus (FIV) adalah lentivirus yang mempengaruhi dari 2,5% hingga 4,4% kucing di seluruh dunia. FIV secara taksonomi berbeda dari dua retrovirus kucing lainnya, feline leukemia virus (FeLV) dan feline foamy virus (FFV) dan lebih erat hubungannya dengan human immunodeficiency virus (HIV).

FIV adalah satu-satunya lentivirus yang menyebabkan penyakit yang mirip dengan AIDS pada non-primata. FIV tidak mematikan bagi kucing, dan mereka dapat hidup relatif sehat sebagai pembawa FIV. Vaksin untuk virus ini telah dirancang, tetapi vaksinasi terhadap FIV diklasifikasikan sebagai “non-inti”.

FIV adalah salah satu virus yang paling umum pada kucing, tetapi vaksinasi diklasifikasikan sebagai “non-inti” FIV dapat membahayakan sistem kekebalan kucing dan menginfeksi banyak sel termasuk limfosit T (khususnya CD4+ dan CD8+), limfosit B dan makrofag.

Kucing biasanya dapat menangani penyakit yang disebabkan oleh FIV dengan cukup baik, dan hanya dalam 5% kasus, sistem kekebalannya melemah dan menyebabkan kelelahan sel T-helper. Pada manusia, persentase ini jauh lebih tinggi dan diperkirakan sekitar 50%.

2. Virus Corona Kucing (FCoV)

Feline Coronavirus (FCoV) adalah virus RNA untai positif yang menyebabkan respons imun yang menyimpang dan fatal yang disebut Feline Infectious Peritonitis (FIP) pada kucing. FCoV adalah virus gastrointestinal dan infeksi biasanya tanpa gejala atau disertai dengan diare. Ada dua bentuk utama FIP: efusif (basah) dan non-efusif (kering). Meskipun kedua jenis ini berakibat fatal, bentuk efusif lebih umum (60-70% dari semua kasus FIP) dan berkembang lebih cepat daripada bentuk non-efusif.

FIP efusif ditandai dengan akumulasi cairan di perut atau dada kucing. Hal ini menyebabkan kesulitan bernapas, kurang nafsu makan, demam, diare dan penurunan berat badan. Pada FIP non-efusif, kucing menunjukkan gejala infeksi yang serupa tetapi tidak ada akumulasi cairan. Kucing yang menderita FIP jenis ini akan sering menunjukkan tanda-tanda okular atau neurologis juga. Vaksinasi terhadap FIP memang ada, tetapi diklasifikasikan sebagai “tidak direkomendasikan secara umum” .

FCOV juga merupakan salah satu virus yang paling umum pada kucing, tetapi vaksinasi diklasifikasikan sebagai “tidak direkomendasikan secara umum”

3. Virus Leukemia Kucing (FeLV)

Feline leukemia virus (FeLV) hanya menyerang kucing. Ini ditularkan melalui air liur atau sekresi hidung. Jika tidak dikalahkan, bisa menimbulkan penyakit yang bisa mematikan. Ini dikategorikan menjadi empat subkelompok: A, B, C dan T. Gejala, prognosis dan pengobatan tergantung pada subkelompok.

Dampak penyakit yang ditimbulkan oleh virus ini beragam. Kucing dapat melawan infeksi sepenuhnya dan menjadi kebal, juga dapat menjadi pembawa yang sehat dan tidak terpengaruh atau memiliki sistem kekebalan yang terganggu. Tahap akhir penyakit ini adalah perkembangan limfoma. Vaksinasi dimungkinkan dan diklasifikasikan sebagai “non-inti” .

4. Virus Panleukopenia Kucing (FPV)

Feline panleukopenia virus (FPV), juga disebut sebagai distemper kucing, ataksia kucing atau wabah kucing adalah infeksi virus yang disebabkan oleh parvovirus kucing. Ini mempengaruhi kucing domestik dan liar. Setelah tertular, sangat menular dan bisa berakibat fatal bagi kucing yang terkena. Nama panleukopenia berasal dari jumlah sel darah putih yang rendah (leukosit) yang ditunjukkan oleh hewan yang terkena.

Panleukopenia dapat menyebar melalui cairan tubuh, feses atau kutu. Ini terutama menyerang sel-sel lapisan saluran pencernaan yang selanjutnya dapat menyebabkan pengelupasan epitel usus. Hal ini selanjutnya dapat menyebabkan diare, dehidrasi, kekurangan gizi, anemia dan bahkan kematian. Vaksinasi diklasifikasikan sebagai ” inti ” dan sangat dianjurkan untuk semua kucing.

FPV adalah salah satu virus paling umum pada kucing dan vaksinasi adalah “inti” dan direkomendasikan untuk SEMUA kucing

5. Feline Calicivirus (FCV)

Feline calicivirus (FCV) adalah salah satu dari dua virus penting yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan pada kucing. FCV dapat diisolasi dari sekitar 50% kucing dengan infeksi saluran pernapasan atas. Virus ini bereplikasi di jaringan mulut dan pernapasan dan dapat diisolasi dari air liur, urin, sekresi pernapasan, dan feses.

Gejalanya dapat terjadi secara kronis, akut atau tidak sama sekali. Tanda-tanda akut termasuk demam, sekret hidung, bersin, stomatitis dan konjungtivitis. Jika dibarengi dengan infeksi bakteri, pneumonia juga bisa berkembang. FCV tidak dapat diobati secara khusus, tetapi antibiotik sering digunakan untuk mengobati infeksi bakteri sekunder dan modulator kekebalan yang terkadang dapat menggabungkan infeksi virus. Vaksinasi diklasifikasikan sebagai “inti” .

6. Virus Herpes Kucing

Feline viral rhinotracheitis (FVR) adalah infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh virus herpes kucing. Virus ini adalah yang kedua dari dua virus penting yang menyebabkan infeksi pernapasan pada kucing (FCV menjadi yang pertama). FVR sangat menular dan dapat menyebabkan penyakit parah, seperti pneumonia mematikan pada anak kucing.

Virus herpes kucing ditularkan secara langsung dan bereplikasi di amandel dan jaringan hidung dan nasofaring. Tanda-tanda infeksi termasuk batuk, bersin, sekret hidung, konjungtivitis, kurang nafsu makan dan demam. Vaksinasi terhadap virus herpes kucing juga diklasifikasikan sebagai “inti” .

7. Rabies

Rabies adalah penyakit virus yang disebabkan oleh lyssavirus dan ditandai dengan peradangan otak pada manusia, kucing, anjing, dan mamalia lainnya. Tanda-tandanya bisa termasuk demam, kesemutan, gerakan kekerasan, kegembiraan yang tidak terkendali, aquaphobia, ketidakmampuan untuk menggerakkan bagian tubuh tertentu, ketidaksadaran dan kebingungan. Jika tidak diobati, penyakit ini hampir selalu menyebabkan kematian.

Rabies adalah salah satu virus paling umum pada kucing dan menyebabkan penyakit yang mematikan dan mematikan. Vaksinasi hewan peliharaan terhadapnya diwajibkan secara hukum di beberapa bagian dunia, tetapi tidak di semua tempat. Paling umum, rabies ditularkan melalui gigitan dari hewan yang terinfeksi. Ini juga dapat ditularkan jika air liur hewan yang terinfeksi bersentuhan dengan luka terbuka atau selaput lendir hewan lain. Kucing yang tidak divaksinasi yang diizinkan keluar rumah memiliki risiko tertinggi terkena rabies.

Tes diagnostik yang paling akurat untuk rabies adalah tes antibodi fluoresen langsung. Namun, ini hanya dapat dilakukan ketika hewan telah mati. Diagnosis yang akurat pada hewan hidup jauh lebih sulit. Setelah inkubasi, virus dapat tetap berada di tubuh kucing mulai dari satu minggu hingga lebih dari satu tahun sebelum ia aktif dengan sendirinya. Setelah diaktifkan, tanda-tanda terjadi dengan sangat cepat.

Vaksinasi terhadap rabies di suatu tempat diklasifikasikan sebagai “inti”, di suatu tempat sebagai “non-inti”, tetapi di beberapa negara itu wajib. Ini hanya 7 dari virus paling umum yang didiagnosis pada kucing, di antara banyak lagi yang dapat menyerang hewan peliharaan kita. Virus bisa sangat berbahaya dan oleh karena itu sangat penting untuk memvaksinasi kucing kita secara teratur dan melindunginya dari infeksi virus.