4 Penyakit Kucing yang Umum dan Cara Mengobatinya

4 Penyakit Kucing yang Umum dan Cara Mengobatinya – Sebagai dokter hewan hewan kecil dan pemilik praktik hewan kecil, saya mengevaluasi dan membantu mengobati penyakit kucing setiap hari. Sayangnya, orang tua kucing tidak membawa teman kucing mereka ke dokter hewan untuk kunjungan kesehatan seperti yang dilakukan pemilik anjing, setidaknya menurut pengalaman saya.

4 Penyakit Kucing yang Umum dan Cara Mengobatinya

dr-addie – Jadi, ketika saya melihat kucing, biasanya karena sakit atau trauma. Baca terus untuk mengetahui tentang penyakit kucing yang paling umum, dan bagaimana kita dapat merawat dan mencegah kucing kita sakit sejak awal.

Baca Juga : 5 Penyakit Kucing Paling Berbahaya

1. Infeksi Saluran Pernapasan Atas Kucing

Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) pada kucing, mirip dengan flu biasa pada manusia, adalah salah satu penyakit kucing yang paling umum. Infeksi virus dan bakteri yang sangat menular ini ditularkan melalui kontak dengan air liur atau keluarnya cairan dari hidung dan mata kucing yang terinfeksi.

Setelah terinfeksi, kucing menjadi “pembawa kronis” penyakit dan dapat menjadi sakit ketika kekebalannya terganggu, seperti pada saat stres tinggi—hewan peliharaan baru di rumah, pindahan, anggota keluarga baru, dll.

Penyebab Umum Infeksi Saluran Pernapasan Atas pada Kucing

Agen virus:

• Feline herpesvirus tipe-1 (FHV-1) atau feline viral rhinotracheitis (FVR)
  • Feline calicivirus (FVC)
  • Retrovirus kucing, seperti virus imunodefisiensi kucing (FIV) atau virus leukemia kucing (FeLV), dapat menjadi faktor penyebab URI

Agen Bakteri:

• Bordetella bronchiseptica (B. bronchiseptica)
  • Chlamydophila felis (C. felis)
  • Mycoplasma sp. (bakteri), kontributor yang kurang umum

Tanda/Gejala Klinis Umum

• Mengendus dan/atau bersin
  • Keluarnya cairan bening seperti nanah dari mata dan hidung
  • Batuk
  • Ulkus mulut
  • Nafsu makan buruk

Diagnosis umumnya didasarkan pada riwayat kucing Anda dan tanda-tanda klinis. Namun, dokter hewan Anda mungkin ingin menjalankan tes, seperti tes darah dan tes leukemia kucing dan FIV untuk menilai penyebabnya. Dokter hewan Anda akan meresepkan perawatan yang tepat untuk kucing Anda berdasarkan tingkat keparahan gejala klinisnya.

Perawatan Umum

• Antibiotik hewan peliharaan
  • Gunakan pelembab ruangan atau perawatan kamar mandi uap untuk waktu yang singkat untuk membantu memecah kemacetan
  • Tambahkan lisin ke makanan kucing Anda. Lisin adalah asam amino yang diketahui memiliki sifat antivirus
  • Dorong makan dengan menawarkan makanan kucing basah, karena baunya yang lebih menyengat menarik perhatian kucing
  • Bersihkan mata dan hidungnya dari kotoran
  • Kurangi stres di rumah

Setelah terinfeksi, infeksi saluran pernapasan atas pada kucing biasanya berlangsung selama tujuh hingga 21 hari. Pencegahan adalah kunci untuk membantu mengendalikan penyakit. Pastikan kucing Anda divaksinasi setiap tahun untuk leukemia kucing, terutama jika ia pergi keluar dan/atau terpapar kucing lain.

Jika Anda tinggal di rumah dengan banyak hewan peliharaan, desinfeksi barang-barang bersama, seperti mangkuk makanan, kotak pasir, dan tempat tidur, secara teratur. Cegah kontak langsung dengan kucing lain yang terinfeksi.

2. Feline Leukemia (FeLV) dan 3. Feline Immunodeficiency Virus (FIV)

Feline Leukemia atau FeLV pada kucing adalah retrovirus yang sangat menular dan mungkin berakibat fatal. Penyakit ini menekan sistem kekebalan kucing, berpotensi membuatnya terkena penyakit dan infeksi sekunder.

Virus ini ditularkan melalui kontak bersama, seperti mangkuk makanan kucing atau mangkuk air. Leukemia kucing didiagnosis dengan tes darah sederhana. Kebanyakan dokter hewan menguji FeLV pada kucing setiap tahun sebagai bagian dari pemeriksaan skrining rutin berdasarkan gaya hidup kucing dan risiko penyakit.

Feline Immunodeficiency Virus atau FIV adalah retrovirus yang sangat menular yang menekan dan melemahkan sistem kekebalan kucing, sehingga mengurangi kemampuannya untuk melawan infeksi. Perkelahian kucing biasanya menyebarkan FIV melalui air liur pada luka gigitan dan cakaran.

Tanda/Gejala Klinis Umum FeLV dan FIV

• Tidak ada tanda-tanda sama sekali, karena beberapa kucing positif retrovirus dan tidak pernah menunjukkan tanda-tanda penyakit
  • Mata atau hidung berair
  • Penurunan berat badan
  • Bau mulut
  • Penyakit periodontal (penyakit mulut)
  • Kehilangan selera makan
  • muntah
  • Gusi pucat

Tindakan pencegahan

Sayangnya, FeLV dan FIV tidak dapat diobati; mereka adalah penyakit seumur hidup. Kabar baiknya adalah bahwa mereka tidak secara otomatis berakibat fatal. Semua kucing berisiko terinfeksi, jadi pencegahan adalah kuncinya.

• Vaksinasi tahunan, terutama jika kucing Anda keluar rumah atau terpapar kucing lain
  • Kunjungan kesehatan tahunan dan skrining tes darah untuk menilai paparan penyakit
  • Membatasi paparan kucing lain. Jika memungkinkan, simpan kucing Anda di dalam ruangan untuk mengurangi risiko terpapar kucing lain.
  • Memandulkan atau mensterilkan hewan peliharaan Anda. Ini membantu mengurangi keinginan perilaku untuk kawin atau berkelahi dengan kucing lain.
  • Pastikan kucing baru di rumah bebas penyakit sebelum pulang.

4. Luka Gigitan Kucing

Luka perkelahian sering terjadi pada kucing karena sifatnya teritorial. Berkelahi adalah respon perilaku untuk mempertahankan wilayah mereka. Kucing jantan biasanya lebih sering berkelahi dan menderita lebih banyak luka gigitan kucing daripada betina.

Sebagian besar trauma gigitan kucing yang tidak diobati mengakibatkan infeksi, sehingga pengobatan diperlukan untuk mencegah penyakit dan penyakit serius.

Infeksi lokal, seperti abses atau kantong nanah yang tertutup, adalah komplikasi luka gigitan yang umum. Perkembangan yang lebih serius seperti selulitis dan penyakit sistemik yang mengakibatkan infeksi dan bahkan sepsis dapat terjadi jika luka gigitan tidak diobati.

Tanda/Gejala Klinis Umum

• Pembengkakan di bawah kulit yang terasa hangat saat disentuh dan biasanya menyakitkan
  • Rekat
  • Kelesuan
  • Perawatan berlebihan pada area yang terkena

Dalam kasus yang lebih parah:

• Kelesuan dan demam
  • Selulitis—infeksi bakteri pada jaringan di bawah kulit
  • Dalam keadaan yang sangat jarang, artritis septik, osteomielitis atau infeksi sendi atau tulang dapat terjadi

Perawatan Umum untuk Luka Gigitan Kucing

Dokter hewan Anda akan memeriksa seluruh tubuh kucing Anda, membersihkan luka dengan benar dengan antiseptik dan merekomendasikan antibiotik sistemik. Jika dokter hewan Anda merawat luka dengan antibiotik dalam waktu 24 jam, kemungkinan besar Anda mencegah infeksi lokal atau infeksi abses.

Jika kucing Anda tidak segera menerima antibiotik, kemungkinan besar akan terbentuk abses yang mengakibatkan perawatan yang lebih rumit. Dengan abses, dokter hewan Anda akan merekomendasikan untuk membuka, mengeringkan, dan membersihkan situs dengan pembilasan antiseptik.

Luka yang lebih luas mungkin memerlukan debridement—pengangkatan jaringan yang tidak sehat—dan penempatan drain selama beberapa hari. Dokter hewan Anda adalah sumber terbaik untuk membuat rencana perawatan yang sesuai dengan Anda untuk kucing Anda.

Pencegahan sangat penting untuk menghindari trauma gigitan kucing. Mengebiri kucing Anda dapat mengurangi perilaku teritorial yang menyebabkan kucing berkelahi. Menjaga kucing Anda di dalam ruangan pada malam hari ketika perkelahian kucing lebih sering terjadi juga dapat membantu mencegah trauma.