Mengenal Tentang Penyakit Feline Viral Rhinotracheitis Pada Kucing

Mengenal Tentang Penyakit Feline Viral Rhinotracheitis Pada Kucing – Merawat kucing pendamping itu istimewa, diisi dengan pelukan berbulu, mendengkur, dan tidur siang di bawah sinar matahari. Kucing mandiri dengan kepribadian yang unik, dan pemilik hewan peliharaan tahu bahwa teman kucing mereka tidak akan ragu untuk memberi tahu mereka saat mereka menginginkan camilan atau pelukan ekstra.

Mengenal Tentang Penyakit Feline Viral Rhinotracheitis Pada Kucing

dr-addie – Pemilik dapat dengan mudah terganggu dengan kelucuan yang berlebihan ketika mereka membawa pulang anak kucing baru atau kucing dewasa. Namun, memastikan kucing Anda menerima pemeriksaan dokter hewan dan vaksinasi secara teratur, terutama selama beberapa bulan pertama setelah bergabung dengan keluarga Anda, sangat penting.

Baca Juga : Macam – Macam Penyakit Menular Pada Kucing

Anak kucing sangat berisiko terkena infeksi pernapasan, termasuk feline viral rhinotracheitis (FVR), karena sistem kekebalannya masih berkembang. Tim Perawatan Darurat Hewan kamiingin memastikan kucing Anda tetap sehat melalui semua tahap kehidupan mereka, dan kami menjelaskan tanda-tanda, pengobatan, dan pencegahan FVR.

Apa itu rhinotracheitis virus kucing pada kucing?

FVR adalah penyakit menular yang sangat menular yang mempengaruhi kucing, dan penyebab utama infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). FVR disebabkan oleh infeksi dari virus herpes kucing tipe-1 (FHV-1) dan tidak mempengaruhi spesies lain. Kucing yang tertular FVR akan mengalami infeksi FHV-1 seumur hidup yang kemungkinan besar akan tetap tidak aktif kecuali kucing tersebut terkena peristiwa yang membuat stres, ketika virus dapat aktif kembali.

Selain itu, kucing dengan FVR berisiko mengalami masalah pernapasan, masalah mata jangka panjang, dan infeksi bakteri sekunder, yang dapat menyebabkan pneumonia pada kasus yang parah. Virus FHV-1 menyebar ke kucing lain melalui kontak langsung dengan air liur, kotoran mata, atau cairan hidung kucing yang terinfeksi. Cara umum kucing dapat terinfeksi meliputi:

• Kontak langsung dengan kucing yang terinfeksi
  • Berbagi mangkuk makanan, mangkuk air, atau nampan kotoran dengan kucing yang terinfeksi
  • Menghirup tetesan bersin kucing yang terinfeksi
  • Kontak dengan lingkungan atau benda yang terkontaminasi, termasuk tempat tidur atau alat perawatan

Tanda-tanda rhinotracheitis virus kucing pada kucing

Tanda-tanda FVR mirip dengan agen lain, yang dapat menyebabkan URI pada kucing, dan tingkat keparahannya akan tergantung pada kekuatan sistem kekebalan kucing yang terinfeksi. Kucing muda, anak kucing, dan kucing yang memiliki kondisi kronis lainnya memiliki peningkatan risiko FVR. Tanda-tanda FVR terjadi antara dua hari dan lima hari setelah infeksi awal, dan dapat bertahan selama satu bulan. Tanda mungkin termasuk:

• Serangan bersin yang tidak terkendali, tiba-tiba
  • Hidung tersumbat
  • Mata berkedip dan menyipitkan mata berlebihan
  • Cairan hidung dan mata bening, kuning, atau hijau
  • Kemerahan di sekitar dan di mata
  • Kehilangan bau
  • Kelesuan
  • Kehilangan selera makan
  • Pembesaran kelenjar getah bening

Diagnosis dan pengobatan rhinotracheitis virus kucing pada kucing

Kucing Anda memerlukan pemeriksaan dokter hewan jika mereka menunjukkan tanda-tanda infeksi FVR, yang mirip dengan infeksi pernapasan lainnya. Pastikan Anda memberi tahu dokter hewan Anda jika kucing Anda telah berinteraksi dengan anak kucing atau kucing dewasa yang berpotensi terinfeksi, karena beberapa kucing dewasa yang terinfeksi mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda FVR. Diagnosis didasarkan pada riwayat medis kucing Anda, tanda-tanda klinis, dan potensi riwayat paparan FVR.

Tes PCR untuk mencari DNA FHV-1 dalam sampel dari mata, hidung, atau tenggorokan kucing yang terinfeksi akan memberikan diagnosis pasti. Tes diagnostik lainnya mungkin termasuk hitung darah lengkap untuk memeriksa infeksi sekunder atau penyakit terkait, dan tes biokimia serum untuk mengevaluasi fungsi organ. Tes mata khusus untuk memeriksa ulserasi kornea dan mata kering juga dapat direkomendasikan.

Infeksi FVR tidak dapat disembuhkan dan beberapa kucing dewasa dengan gejala ringan dapat sembuh tanpa pengobatan. Hewan peliharaan yang menerima perawatan hewan segera memiliki prognosis yang baik. Anak kucing atau kucing dewasa dengan gejala parah mungkin memerlukan rawat inap. Perawatan mungkin termasuk:

• Cairan infus untuk mencegah dehidrasi dari kelebihan cairan hidung atau mata
  • Antibiotik untuk mencegah infeksi bakteri sekunder
  • Obat mata topikal
  • Obat antivirus
  • Probiotik
  • Suplemen L-lisin untuk mendukung sistem kekebalan tubuh
  • Pelembab lingkungan atau nebulisasi
  • Diet khusus

Pilihan finansial untuk perawatan rinotrakeitis virus kucing Anda

Kucing yang didiagnosis dengan FVR akan memerlukan perawatan rumah khusus jangka panjang dengan pemeriksaan rutin, dan beberapa hewan peliharaan mungkin juga memerlukan perawatan yang lebih lama di rumah sakit hewan, yang bisa jadi mahal. Untungnya, banyak pilihan pembayaran yang tersedia, termasuk asuransi kesehatan hewan peliharaan, untuk membantu meringankan tekanan keuangan.

Teliti berbagai polis asuransi hewan peliharaan dan pertimbangkan untuk membeli paket saat membawa pendamping kucing ke dalam keluarga Anda. Sebagian besar penyedia asuransi hewan peliharaan termasuk Trupanion memiliki kebijakan yang mencakup penggantian untuk perawatan hewan darurat dan rawat inap. Metode pembayaran lainnya termasuk:

• Kredit Perawatan
  • Pembayaran Awal
  • Rekening tabungan kesehatan hewan peliharaan
  • Pinjaman bank jangka pendek

Pencegahan rinotrakeitis virus kucing pada kucing

Memvaksinasi kucing Anda ketika mereka masih muda adalah pencegahan terbaik terhadap infeksi FVR. Vaksin FVRCP adalah vaksin kucing inti yang memberikan perlindungan terhadap FHV-1 dan agen pernapasan berbahaya lainnya. Kucing yang pernah mengalami infeksi FHV-1 sebelumnya mungkin memerlukan booster vaksin lebih sering, untuk mencegah infeksi kembali.

Kucing yang divaksinasi masih dapat terinfeksi FHV-1, tetapi tingkat keparahan penyakit akan sangat berkurang, dan beberapa kucing yang terinfeksi mungkin tidak pernah menunjukkan tanda-tanda. Selain itu, kucing Anda tidak boleh berada di luar, atau di sekitar kucing lain atau orang yang memiliki kucing, sampai mereka sepenuhnya divaksinasi terhadap virus. Hindari mengekspos kucing Anda ke situasi stres, yang juga dapat menyebabkan reaktivasi infeksi FHV-1.

Sering mencuci tangan dan menjaga kebersihan lingkungan juga akan membantu mencegah infeksi. FHV-1 akan bertahan hidup di lingkungan yang lembab, tetapi akan mati segera setelah sekret yang terinfeksi mengering. Pemutih encer adalah pembersih rumah tangga yang paling efektif melawan virus ini. Bersihkan tempat tidur kucing yang terinfeksi dengan air panas dan deterjen.