Penyakit Sporo Buat Pemilik kucing Cemas

Penyakit Sporo Buat Pemilik kucing Cemas – Penyakit kulat sporotrichosis ataupun lebih dikenali selaku sporo selalunya berhubungan selaku penyakit yang bisa bawa ajal untuk hewan piaraan terutamanya kucing.

Penyakit Sporo Buat Pemilik kucing Cemas

 Baca Juga : Penyakit yang Dapat Ditularkan Kucing pada Manusia

Namun tahukah Anda bahwa jamur payung ini juga dapat merusak kesehatan manusia?

Ikuti artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut.

Apa itu sporotrichosis?

dr-addie Menjelaskan Sporotrichosis ataupun sporo merupakan jangkitan kulit yang diakibatkan oleh kulat“ sporothrix schenckii”.

Kulat ini kerap ditemukan pada duri ros, jerami, ganggang sphagnum( genus ganggang yang kerap dipakai buat menanamkan anggerik ataupun tumbuhan riasan lain), cabang, serta tanah.

Jangkitan ini lebih kerap legal pada juru ladang serta mereka yang menanamkan bunga mawar, pengeluar rumput kering, serta orang yang mengusahakan tanah.

Sehabis kulat sporotrichosis ini menjangkiti kulit, beliau membutuhkan sebagian hari ataupun berbulan- bulan buat pertanda mulai timbul.

Namun ternyata toksin ini tidak hanya disebabkan oleh tumbuhan, tetapi juga oleh hewan peliharaan Anda (seperti kucing).

Sporotrichosis pada kucing dan anjing

Sporopati merupakan penyakit yang mudah menyerang kucing rumahan (seperti kucing dan anjing). Sebagai kebiasaan, hewan yang terpapar aktivitas luar lebih mudah terserang penyakit ini dan terus menjadi varian spora.

Kotoran jamur masuk ke dalam tubuh melalui mulut, luka, atau keduanya, dan bahkan setelah perawatan, luka tidak akan mengering.

Kucing dengan penyakit sporo ini lebih dikenali selaku jangkitan“ sporothrix brasiliensis” kerap hadapi cedera di wajah mereka, selalunya terjalin di dekat hidung.

Cedera ini bisa terjalin dampak rusuhan yang legal dengan kucing lain yang telah dijangkiti. Oleh itu, bila kucing berjolak cedera yang dijangkiti pada bahagian tubuh, mereka akan memindahkan penyakit kulat itu ke bahagian wajah serta mulut.

Antara karakteristik jangkitan penyakit kulat ini merupakan kecondongan buat bertambah jadi wabak dalam golongan kucing yang berpotensi besar buat meluas kepada orang.

Metode jangkitan merupakan lewat gesekan, gigitan serta cakaran pada orang.

Jangkitan kepada manusia

Bagi tubuh manusia kesan infeksi spora baru bisa dirasakan setelah 2 bulan, yaitu melalui gejala seperti bengkak dan borok.

Selain itu, kegagalan untuk segera mendapatkan pengobatan dapat menyebabkan tukak ini tumbuh di sepanjang kelenjar getah bening.

Faktanya, jika menyebar ke paru-paru dan seluruh tubuh dan akhirnya menyebabkan kematian, bahkan lebih buruk.

Gejala dijangkiti sporotrichosis

Pertanda awal sporotrichosis merupakan tonjolan bisul pada kulit yang beralih warna dari merah duwet alhasil nyaris warna ungu.

Tonjolan ini umumnya tidak menyakitkan ataupun cuma terasa halus. Lama- kelamaan, beliau bisa hadapi cedera terbuka( ulser) yang bisa menghasilkan cecair bening.

Andaikan tidak dirawat, tonjolan serta ulser ini hendak jadi kronik serta bisa jadi tidak hendak membaik sepanjang bertahun- tahun.

Dalam kes yang amat tidak sering legal, jangkitan kulat ini bisa merebak ke bahagian badan lain semacam tulang, sendi, alat pernapasan serta otak.

Kondisi ini lebih sering terjadi pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah, sehingga sulit diobati dan berpotensi mengancam nyawa.

Rawatan untuk jangkitan kulat sporo:

Rawatan sporotrichosis tergantung pada badan tubuh yang dijangkiti.

Jangkitan pada kulit sahaja

Jangkitan sporotrichosis ini hendak dirawat dengan air potasium iodida. Ubat ini diserahkan 3 kali satu hari sepanjang 3 alhasil 6 bulan alhasil seluruh cedera lenyap. Jangkitan kulit pula bisa dirawat dengan itraconazole( sporanox) sampai 6 bulan.

Jangkitan sporotrichosis pada tulang serta sendi

Jangkitan ini jauh lebih berat buat dirawat serta tidak sering berperan menanggapi kepada potasium iodida. Oleh itu, itraconazole kerap dipakai selaku ubat pada tingkatan dini sepanjang sebagian bulan ataupun sampai satu tahun.

Tidak hanya itu, amphotericin pula dipakai, namun ubat ini cuma bisa diserahkan lewat IV. Amphotericin memiliki lebih banyak opini sambilan serta bisa jadi butuh diserahkan sepanjang berbulan- bulan.

Untuk kes yang kronik, operasi terkadang dibutuhkan buat membuang tulang yang dijangkiti.

Jangkitan pada paru- paru

Jangkitan alat pernapasan akan dirawat dengan potasium iodida, itraconazole serta amphotericin dengan jumlah kesuksesan yang berbeza- beza. Lebih kurang baik, kadang area alat pernapasan yang dijangkiti terdesak dikeluarkan.

Jangkitan di otak

Meningitis sporotrichosis tidak sering legal, oleh itu amanat berhubungan rawatannya sedang belum banyak yang diterokai.

Amphotericin plus 5- fluorocytosine biasanya disyorkan, namun itraconazole bisa jadi pula bisa dicuba.

Ahli hewan, serta owner hewan perawatan wajib sentiasa berjaga – jaga kala menanggulangi kucing yang dijangkiti kulat ini, paling utama haiwan yang nampak sakit ataupun hadapi cedera yang nyata.

Ini kerana, seorang orang bisa menemukan sporotrichosis dari haiwan piaraan yang dijangkiti meski mereka tidak mencakar ataupun mengerkah kamu.

Baca Juga : Meski Menggemaskan Ternyata Tupai Merah Ternyata Bisa Berbahaya 

Sebilangan orang bisa menemukan sporotrichosis sehabis memegang kucing yang dijangkiti serta setelah itu memegang mata mereka.

Di sisi itu pula, sentiasa berhati- hati dengan haiwan yang tidak dikenali serta dekati mereka dengan berjaga- jaga, meski sang comel itu bisa jadi nampak harmonis.

Sekali lagi, hadkan kontak rapat antara kucing piaraan serta buas, paling utama yang nyata nampak sakit.

Dr-Addie - Berita Terbaru Mengabarkan Penelitian virus kucing Feline Infectious Peritonitis